hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

18 April 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Enggak sedikit orang yang menghamburkan uang jutaan rupiah untuk menjadi member di pusat kebugaran demi menjaga kesehatan tubuh. Tapi, kamu perlu tahu kalau ternyata enggak selamanya kamu perlu sekeras itu berolahraga kok.

 Tubuh dapat memberi tanda jika kondisi tubuh sudah cukup fit, seimbang, dan ideal. Mau tahu ciri-ciri tubuh sehat dan ideal? Berikut di antaranya seperti dilansir Brightside.

1Kuku dan rambut

Kuku yang kuat menunjukkan kondisi tubuh yang terbilang sehat. (PIXABAY)

Mulailah dengan memerhatikan kondisi rambutmu, apakah ujung rambut bercabang, rapuh, warnanya kusam, dan kulit kepala kering? Bagaimana dengan kuku? Apakah kukumu juga rapuh, kering dan mudah patah? Kalau semua tanda itu enggak ada padamu, kondisi tubuhmu terbilang sehat.

2Mata

Area putih pada mata menunjukkan kondisi tubuhmu. (BRIGHTSIDE)

Cara mudah untuk melihat apakah kamu memiliki masalah kesehatan pada hati atau ginjal, juga penyakit pembuluh darah, adalah dengan melihat area putih pada mata. Area tersebut haruslah berwarna putih terang, enggak terlalu tampak pembuluh darah, juga tidak ada kemerahan atau tanda mata kering. 

3Bentuk otot

Bentuk tubuh yang simetris menandakan fungsi ototmu baik. (BRIGHTSIDE)

Berat badan setiap orang bisa berbeda-beda, jadi mari lihat dari simetri tubuh. Bukan hanya tentang tubuh yang terlihat "cantik", simetris juga menunjukkan bahwa semua bagian tubuh berkembang dengan sehat dan seimbang.

Kalau enggak simetris, tandanya ada masalah pada fungsi otot. Dan dampaknya akan semakin buruk bagi tulang dan tulang belakangmu.

4Masalah ke toilet

Jika kamu enggak ada masalah dengan pola buang air, itu berarti ginjal dan ususmu masih dalam kondisi baik. (PIXABAY)

Terkadang, sumber masalah berat badan adalah metabolisme yang lambat atau fungsi usus yang enggak teratur. Untuk itu, coba lebih perhatian lagi terhadap pola buang air besar, buang air kecil, dan urin berwarna kuning terang. Jika kamu mengalami salah satunya, bisa jadi ada kondisi serius seperti penyakit ginjal atau usus.

5Pola tidur

Memiliki kualitas tidur yang baik. (BRIGHTSIDE)

Tidur adalah waktu di mana tubuh dapat beristirahat secara maksimal. Kamu mendapatkan tidur berkualitas jika kamu bisa tertidur kurang dari 20 menit, durasi tidur minimal 6 jam dan maksimal 10 jam.

Enggak terbangun di tengah malam, dan kamu merasa berenergi sepanjang hari. Tanpa pola tidur yang baik, mustahil bagi tubuh untu bermetabolisme dengan baik pula.

6Kemampuan fitness

Tes kemampuan fitness-mu. (BRIGHTSIDE)

Jika kamu berusia di bawah 50 tahun dan masih bisa melakukan rangkaian olahraga ini, berarti tubuhmu tergolong fit dan sehat, seperti:

-Setidaknya 150 menit aktivitas sedang

-Aerobik setidaknya 10 menit tanpa lelah

-10 kali push-up tanpa henti

-Berlari selama 60 detik tanpa henti

-10 kali burpees tanpa henti

Adapun, tes yang lebih sederhana untuk memeriksa mobilitas dan fleksibilitas secara keseluruhan adalah: duduk dengan punggung lurus, kaki merentang ke depan, dan angkat tangan di atas kepala. Membungkuklah, jaga lengan rentang lurus ke depan. Jika kamu dapat menjangkau jari-jari kaki dengan mudah, maka tubuh cukup fleksibel dan umumnya dalam kondisi yang baik.

7Bau badan

Bau badan normal, alias enggak berbau pahit atau asam, dan bahkan tengik. (BRIGHTSIDE)

Bau badan yang normal adalah salah satu tanda tubuh sehat. Jika tubuh berbau pahit atau asam atau bahkan tengik, tubuhmu dalam kondisi enggak bugar.

8Level energi

Memiliki  level energi yang baik. (THE CRUNCH)

Level energi seseorang sangat bergantung pada kualitas tidurnya sehari-hari. Selain itu, level energi yang baik juga terlihat dari kemampuanmu melakukan olahraga sederhana, 8 jam bekerja di meja, dan melakukan permainan olahraga. Dari hal ini bisa diukur tingkat zat besi, pola diet, bahkan tingkat depresi seseorang.

9Sirkulasi darah

Sirkulasi darah merupakan penanda kesehatan yang sangat vital. (BRIGHTSIDE)

Sirkulasi darah menjadi penanda kesehatan yang sangat vital. Sirkulasi darah memungkinkan sel darah putih terdistribusi ke area di mana penyembuhan diperlukan. Sirkulasi darah juga memberikan oksigen ke otak yang dipelukan jantung. Kamu harus waspada jika sering mengalami sakit kepala, kesemutan, atau kram otot.

 

BRIGHTSIDE| WEBMD| MARKSDAILYAPPLE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments