hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

17 April 2018, 18:30 WIB

KOREA SELATAN

Suka segala hal yang berbau Korea? Pastikan kamu juga tahu aturan yang ada di sana ya. Apalagi kalau ada rencana berjalan-jalan di negerinya K-Pop. Perbedaan budaya dan kebiasaan dengan negara lain adalah biasa, namun bisa jadi ada aturan yang terasa aneh untuk kamu. Sebagai turis, jangan lupa menghormati kebiasaan dan aturan orang lokal. Bagi yang belum tahu, inilah beberapa larangan aneh di Korea Selatan yang bisa bikin kamu geleng-geleng kepala.

 

 

 

1. Jangan bermain dengan sumpit

Hati-hati saat memegang sumpit ya. (BRIGHT SIDE)

Ada banyak hal tabu di Korea Selatan yang berhubungan dengan sumpit. Contohnya, jika kamu menusuk makanan dengan sumpit, maka tuan rumah atau orang yang memasak hidangan tersebut akan menganggapnya sebagai penghinaan. Menggenggam sumpit dalam posisi vertikal atau menusuk nasi dengan sumpit secara vertikal dihubungkan dengan kematian di Korea Selatan, karena di pemakaman dan peringatan kematian, menusuk dupa pada pasir adalah kewajiban.

2. Jangan menunjukkan tato

Tato adalah hal tabu di Korsel. (BRIGHT SIDE)

Di Korea Selatan (dan beberapa negara Asia) ada perlakuan khusus terkait tato. Profesi sebagai seniman tato merupakan pekerjaan ilegal, dan hanya dokter yang diperbolehkan untuk membuat tato. Jika kamu memiliki tato, kamu bisa diperlakukan dengan tidak bersahabat di area publik atau sulit mendapatkan kerja.

3. Jangan menggunakan baju berpotongan leher rendah

Pakaian berpotongan leher rendah adalah tabu. (BRIGHT SIDE)

Baju berpotongan leher rendah dianggap terlalu terbuka dan seksi di Korea. Mereka hampir tidak pernah mengenakan kaus dan gaun tanpa mengenakan lapisan lagi di bawahnya. Tapi situasi yang berbeda berlaku untuk rok mini. Para perempuan Korea senang mengenakan rok mini dan selalu berusaha untuk menutupi diri mereka dengan tas atau majalah ketika menaiki tangga atau eskalator.

4. Jangan meninggalkan tip di kafe

Enggak perlu meninggalkan tips di meja restoran. (BRIGHT SIDE)

Jika kamu meninggalkan tip untuk pelayan di Korea Selatan, mereka akan menganggapnya sebagai penghinaan. Pelayan di sana dibayar dengan gaji yang cukup baik, dan dengan memberikan tip kamu bisa benar-benar dianggap meremehkan para staf.

5. Jangan menyisakan makanan di piring

Menyisakan makanan juga tabu di sana. (BRIGHT SIDE)

Korea punya perlakuan khusus terkait makanan. Kenangan buruk terkait perang antara utara dan selatan, penjajahan Jepang, masih melekat di ingatan orang Korea Selatan. Porsi makanan di Korea Selatan biasanya besar, berbumbu banyak, dan biasanya pedas. Ketika mengunjungi rumah seseorang, tidak diperbolehkan menolak minuman, apalagi tidak menghabiskan makanan. Di kantin, kafe, dan restoran kamu juga bisa ditegur karena menyisakan makanan di piring.

6. Jangan menatap atau memotret warga lokal

Ilustrasi orang lokal Korsel.

Orang Korea menganggap hal tersebut sebagai pelanggaran privasi. Jangan juga mencoba untuk memotret warga lokal tanpa izin. Bukan hanya menyebabkan rasa tidak nyaman – kamu bahkan bisa terkena denda atau bermalam di kantor polisi hanya untuk membuktikan kalau foto tersebut diambil bukan untuk disalahgunakan.

7. Jangan terlibat konflik, terutama dengan orang yang lebih tua

Ilustrasi.

Hirarki atau tingkatan umur berlaku sangat kuat di Korea. Yang lebih muda harus menghormati yang lebih tua dan tidak boleh kasar. Ibu-ibu yang sudah tua biasanya memiliki karakter yang menyebalkan, dalam situasi apaun mereka tidak boleh dilawan, bahkan jika mereka salah dan merekalah yang memulai sebuah konflik. Umumnya, semua konflik di Korea Selatan diselesaikan dengan kearifan lokal.

8. Jangan bingung dengan topik ‘toilet’

Orang Korsel enggak sungkan ngomongin urusan toilet! (BRIGHT SIDE)

Topik mengenai ‘toilet’ bukan merupakan hal tabu di Korea Selatan. Orang-orang dapat dengan bebas membicarakan tentang masalah buang air besar dan kecil mereka. Seorang pacar, contohnya, bisa dengan mudah bercerita ke pasangan mereka kalau mereka mengalami diare. Tipe pembicaraa seperti ini juga bisa terjadi saat makan siang atau berkumpul dengan teman. Faktanya, teman kamu bisa saja tiba-tiba bertanya apakah feses kamu baik-naik saja.

Penyediaan toilet-toilet umum yang bersih sedang berkembang di Korea Selatan.  Dan di Seoul, mereka bahkan membangun sebuah taman yang didedikasikan untuk budaya toilet ini. 

9. Jangan menyentuh orang yang berbaring di jalan

Orang mabuk di jalanan itu biasa, terutama jelang akhir pekan. (BRIGHT SIDE)

Korea punya kebiasaan khusus terkait alkohol. Mereka bekerja keras dan banyak minum. Biasanya dilakukan saat menjelang akhir pekan. Mereka biasanya minum bersama rekan kerja, dan merupakan hal yang tidak baik untuk menolak ajakan dari atasan. Bahkan di beberapa perusahaan kecil pergi minum dengan bos bisa membuat kamu memperoleh promosi, proyek menguntungkan, atau kenaikan gaji.

Setelah acara minum tersebut, orang-orang berpakaian rapi yang mabuk, baik laki-laki dan perempuan, berbaring di jalan dan di halte bus di Seoul. Kalau kamu melihatnya, tidak usah menyentuh mereka, mencoba membangunkan, atau membawa mereka pulang. Tidak usah khawatir, karena mereka tidak akan dirampok dan mereka akan diawasi oleh petugas polisi hingga kembali ke rumah.

10. Jangan merokok di sembarang tempat

Merokoklah pada tempatnya! (BRIGHT SIDE)

Kamu boleh merokok di Korea, tapi tidak sembarang tempat. Di Korea disediakan tempat khusus merokok yang tidak akan mengganggu orang lain. Bentuknya dapat berupa ruang khusus atau kotak sederhana dengan tulisan boleh merokok di sini. Banyak tempat merokok di Korea, terutama di daerah ramai. Kalau kamu nekat merokok di sembarang tempat, siap-siap untuk membayar denda.

BRIGHT SIDE | SOOMPI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments