hero
(NET)

EDITOR : REZA ADITYA

17 April 2018, 12:40 WIB

INDONESIA

Amoroso Katamsi, pemeran Presiden Soeharto dalam film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI tutup usia. Aktor kawakan itu menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 79 tahun akibat sakit di RS TNI AL Mintohardjo, Jakarta.

Aning Katamsi, anak Amoroso, mengatakan ayahnya itu meninggal pada Selasa, 17 April 2018 sekira pukul 01.40 WIB dinihari. Menurut Aning, Amoroso sudah lama dirawat di rumah sakit karena digerogoti penyakit komplikasi.

Aning mengatakan ayahnya itu adalah figur seorang pendidik yang handal. "Bapak tuh memang jalurnya pendidikan, beliau mau keturunannya pendidikannya baik," ujar Aning, di rumah duka.

Amoroso merupakan aktor lawas yang banyak membintangi sejumlah judul film di era 70-an. Dia menjadi ngetop saat memerankan Presiden Soeharto di film G30 S PKI garapan Arifin C. Noer pada tahun 1984.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet fakta tentang Amoroso.

1Sejak Kecil Suka Deklamasi

Pigura Amoroso Katamsi. (NET)


Amoroso lahir di Batavia, Hindia Belanda pada 21 Oktober 1938. Sejak kecil dia sudah menunjukkan bakat berkeseniannya. Salah satu yang disukainya adalah bermain sandiwara dan deklamasi.

2Bercita-cita Menjadi Dokter

Karangan bunga di rumah duka Amoroso Katamsi. (NET)


Awal Amoroso ingin menjadi dokter mencuat saat dia masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Saat itu, neneknya meninggal karena gagal menjalani operasi di rumah sakit. 

Amoroso kecil terpukul atas musibah itu. Dalam hatinya bergetar dan dia berniat untuk menjadi dokter yang bisa menyembuhkan banyak orang dari penyakit.

Lulus sekolah menengah atas, dia pergi ke Yogyakarta untuk kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM).

3Jadi Dokter Tentara

 

Pelayat di samping jenazah Amoroso Katamsi. (NET)


Selama mengeyam pendidikan sebagai dokter di UGM, Amoroso ternyata aktif mencari beasiswa ke sejumlah instansi pemerintahan di Indonesia, salah satunya adalah Angkatan Laut Republik Indonesia.

Dia diterima dan diangkat menjadi tentara. Saat itu pangkatnya Letnan.

4Konsisten Berkesenian

Sejumlah pelayat di rumah duka Amoroso Katamsi. (NET)


Kesibukannya kuliah tidak membuat Amoroso melupakan bakatnya menjadi seorang pelakon. Dia bergabung dengan Kelompok Studi Drama Jogja. Di sana, dia bertemu dengan Arifin C. Noer.

 

5Alasan Mau Menjadi Duplikat Presiden Soeharto di Film

Jajang C. Noer, istri Arifin C. Noer melayat ke rumah duka Amoroso Katamsi. (NET)


Dari pertemuan dengan Arifin C. Noer itu karier Amoroso mulai berkibar di industri perfilman nasional. Dia banyak memerankan film sejak tahun 1976. Saat itu, film layar lebar yang dilakoninya berjudul Cinta Abadi.

Beberapa tahun berlangsung sebagai aktor, Amoroso didekati Arifin C. Noer untuk memerankan Presiden Soeharto di film berjudul Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI. Dia tertarik dan langsung mengiyakan tawaran itu.

Pada September tahun 2017, di salah satu forum nonton bareng film G 30 S PKI itu, Amoroso membeberkan alasannya tertarik mendalami peran Presiden Soeharto.

Salah satu alasannya adalah peran sebagai Soeharto saat itu dianggap menantang. Amoroso bahkan mengungkapkan demi mendalami peran itu, dia pernah bersama Soeharto satu hari.

RIZKI AKBAR | TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments