hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

15 April 2018, 15:00 WIB

KOREA SELATAN

Industri hiburan Korea Selatan mengguncang dunia dengan fenomena budaya pop-nya. Beberapa tahun terakhir, musik K-Pop bahkan mulai menggeser kedudukan musisi barat di negara-negara Asia. Banyak hal yang membuat pecinta musik beralih, mulai dari tampilannya yang segar hingga lirik yang menginspirasi.

Namun, enggak dipungkiri, masih banyak yang memandang musik K-Pop sebelah mata. Termasuk para kpopper-nya. Padahal, banyak dampak positif yang kamu dapat loh kalau kamu suka musik K-Pop. Berikut rangkumannya:

 

1. Bangun Rasa Percaya Diri

Lagu-lagu K-Pop bisa membangun percaya diri kamu. Meskipun bahasanya susah dimengerti, tapi kalau kamu cari artinya banyak lirik yang akan membangkitkan rasa percaya diri. Salah satunya lagu GOT7 “Just Right” yang mengatakan bahwa kamu sempurna sesuai kamu apa adanya.

 

2. K-Pop Sebagai Komunitas

Suasana konser JBJ di Jakarta. (Enstar Entertainment)

K-Pop terus berkembang secara global. Sekarang kamu enggak akan kesulitan menemukan para K-poper di belahan dunia manapun. K-Pop juga bisa jadi ajang kamu menambah teman baik secara online maupun offline. Penggemar K-Pop biasanya sangat senang membagikan hal-hal yang disukainya di sosial media. Bahkan enggak perlu takut saat datang ke konser idolanya sendirian. Pasti kamu bisa menemukan teman di lokasi konser.

3. Bikin Kamu Lebih Modis

Setelah melihat gaya berbagai idol, beberapa penggemar K-Pop ada yang terinspirasi untuk mengikuti gaya mereka. Enggak semua gaya idol sulit diikuti kok. Kamu bisa mengikuti gaya santai idol bahkan kostum panggung mereka. Seperti gaya panggung Seulgi Red Velvet atau gaya manis Naeun Apink.

Gaya Seulgi Red Velvet. 

Buat yang cowok, gaya Jin BTS atau Kai EXO.

Gaya Jin BTS.

 

4. Perluas Wawasan Kuliner

Bicara soal K-Pop pastinya enggak bisa dipisahkan dari makanan Korea dong. Apalagi kalau kamu nonton acara oppa yang lagi mukbang. Makanan yang sering muncul di antaranya jjajangmyeon, kimchi stew, dan bibimbap.

Jjajangmyeon. (Korea Boo)

 

5. Tingkatkan Mood

Mood kamu lagi jelek? Jangan khawatir! Dengerin aja beberapa lagu yang bisa mood kamu ceria lagi. Misalnya lagu terbaru TWICE “What Is Love?”.‚Äč

6. Berikan Keberanian untuk Meraih Mimpi

Mungkin sering kali kamu merasa kalau kamu mustahil meraih mimpi. Kesuksesan tidak bisa kamu peroleh tanpa keringat. Tapi lagu K-Pop bisa bikin kamu lebih berani untuk terus mengejar mimpi dan kesuksesan yang kamu inginkan. Salah satunya lagu BTS “Not Today”.

Lirik intro yang berbunyi, “All the underdogs in the world, a day may come when we lose but it is not today. Today we fight!” mengingatkan kita untuk terus berusaha dan berjuang.

Banyak idol juga harus berjuang untuk bisa meraih popularitas mereka saat ini. Melihat perjuangan mereka memberikan keberanian buat kamu untuk terus mengejar mimpi kamu juga.

7. Perluas Pengetahuan Musik

Hal yang paling indah dari musik adalah keuniversalannya. Meski setiap negara punya budaya dan hal unik dalam gaya musiknya, tapi musik mudah dimengerti oleh siapapun. Bahkan ketika kamu tidak mengerti bahasanya, perasaan yang tertuang di musik tersebut pasti tersampaikan.

Ketika idol yang kamu suka berkolaborasi dengan artis lainnya apalagi artis luar negeri, kamu pasti penasaran dengan latar belakang teman kolaborasinya. Sehingga kamu pasti mencari musik seperti apa yang pernah dibawakan rekannya. Seperti waktu BTS berkolaborasi dengan Steve Aoki. Tak sedikit Army yang penasaran dan mencari tahu soal Steve Aoki.

 

8. Jadi Inspirasi Belajar Hal Baru

Dance K-Pop yang sulit dan menyenangkan jadi inspirasi banyak fans untuk membuat dance cover sendiri. Membuat mereka belajar dance. Makanya banyak dance cover bermunculan.

K-Pop juga menginspirasi kamu untuk mengembangkan bakat bernyanyi. Mungkin yang awalnya hanya bernyanyi, mulai belajar rap juga. Seperti Tiffani Afifa, pemenang K-Pop World Festival 2017.

 

9. Bikin Kulit Makin Kinclong

K-Pop juga ada hubungannya dengan kulit kamu loh! Sebelum mengenal K-Pop mungkin kamu tidak merawat kulit secara rutin. Tapi setelah melihat wajah idol yang flawless, kamu mulai penasaran kenapa kulit mereka bisa sebagus itu. Tidak sedikit juga produk kecantikan Korea menggunakan idol sebagai brand ambassador.

Iklan Wanna One untuk Innisfree. 
 

10. Meme K-Pop Selalu Ceriakan Hari

Meme sebagai hiburan pembaca.

Nah, yang satu ini bisa bikin kamu ketawa-tawa sendiri. Kekonyolan para idol K-Pop di layar kaca selalu bisa membuat kamu terpingkal-pingkal. Para penggemar yang kreatif menuangkan kekonyolan itu di media sosial. Kalau kamu lagi sedih, coba deh cari meme idol. Dijamin bisa bikin hari kamu ceria

KOREA BOO | SOOMPI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments