hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

13 April 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Siapa bilang kalau jalan kaki hanya membuat tubuh lelah? Jalan kaki punya banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Kombinasi dari berjalan kaki, tidur berkualitas, dan juga diet sehat bisa bikin kamu enggak perlu lagi ke dokter, loh! Sederhana saja, kamu tinggal jalan kaki selama 15-30 menit setiap hari sudah bisa meningkatkan enggak hanya kesehatan tapi juga penampilan kamu secara keseluruhan.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat hanya dengan rutin berjalan kaki setiap harinya.

 

1. Perubahan Otak yang Positif

Penelitian mengungkapkan kalau latihan aerobik low impact , seperti berjalan kaki, bisa mencegah demensia dini, mengurangi risiko Alzheimer, dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Berjalan kaki juga bisa mengurangi stres mental dan menjaga level endorphin tetap tinggi.

2. Meningkatkan Penglihatan

BRIGHT SIDE

Meskipun nampaknya mata tidak berhubungan langsung dengan kaki, tapi berjalan kaki punya efek kesehatan yang besar untuk mata. Berjalan kaki bisa membantu melawan glukoma dengan melepaskan tekanan pada mata.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Berdasarkan asosiasi jantung Amerika, berjalan sama efektifnya dengan berlari dalam hal pencegahan penyakit jantung dan stroke. Aktivitas berjalan membantu menghindari masalah jantung dengan menurunkan tekanan darah tinggi dan tingkat kolesterol serta meningkatkan sirkulasi darah.

4. Meningkatkan Volume Paru-paru

BRIGHT SIDE

Berjalan merupakan latihan aerobik yang meningkatkan oksigen di aliran darah dan membantu melatih paru-paru, serta mengurangi racun dan sisa pencernaan. Dengan pernafasan yang lebih baik dan lebih dalam, beberapa gejala yang berkaitan dengan penyakit paru-paru juga bisa dikurangi.

5. Manfaat bagi Pankreas

Ternyata berjalan merupakan cara yang lebih ampuh untuk mencegah diabetes daripada berlari. Sebuah penelitian menunjukan kalau sekelompok pejalan kaki menunjukan peningkatan dalam toleransi glukosa (seberapa baik gula darah diserap oleh sel) hampir enam kali lebih baik daripada sekelompok pelari selama enam bulan masa penelitian.

6. Meningkatkan Pencernaan.

BRIGHT SIDE

Berjalan 30 menit dalam sehari tidak hanya mengurangi risiko kanker usus besar, tapi juga meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit dengan membantu untuk menormalkan gerakan usus.

7. Mengencangkan Otot

Otot kencang dan turun berat badan bisa dicapai dengan berjalan kaki. Latihan berjalan 10 ribu langkan sehari bisa dihitung setara dengan latihan di gym, terutama ketika kamu menambahan beberapa interval atau berjalan menanjak. Berjalan juga minimal risiko cederanya dan juag tidak membutuhkan waktu pemulihan.

8. Tulang dan Sendi Lebih Kuat

BRIGHT SIDE

Berjalan bisa membuat pergerakan sendi yang lebih banyak, mencegah hilangnya massa tulang, dan bahkan mengurangi risiko patah tulang. Arthritis Foundation menyarankan untuk berjalan selama minimal 30 menit sehari untukmengurangi rasa nyeri, kaku, dan pembengkakan disendi.

9. Mengurangi Nyeri Punggung

BRIGHT SIDE

Berjalan bisa menjadi penyelamat bagi mereka yang latihan olahraga berat dan mengalami nyeri punggung. Karena berjalan merupakan latihan ringan, maka tidak akan menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman, seperti berlari atau HIT. Berjalan membantu sirkulasi darah menjadi lebih baik, meningkatkan postur  dan fleksibilitas tubuh yang penting untuk kesehatan tulang belakang.

10. Pikiran yang Lebih Tenang

Berjalan ternyata bisa membantu mengurangi gejala-gejala depresi. Latihan yang ringan dan mudah ini bisa membantu dalam mengatasi perasaan tertekan dan juga kelelahan. Berjalan kaki dengan suasana menyenangkan bersama teman atau orang yang dicinta akan menggandakan efek bahagia dan juga meningkatkan mood.

BRIGHT SIDE | HEALTH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments