hero
(GOOD ZING)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

13 April 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah orang yang menderita obesitas di dunia meningkat 3 kali lipat dalam 40 tahun terakhir. Satu dari setiap empat orang di planet ini yang berusia di atas 16 tahun mengalami kelebihan berat badan.

Enggak heran, semakin banyak orang mulai memperhatikan pola makan. Dan, terkadang enggak selalu diperlukan diet ketat untuk mengatasi obesitas lho. Cukup menggunakan beberapa trik yang dapat mencegah kamu makan secara berlebih, seperti berikut ini.

1Kencangkan tali pinggangmu

Kencangkan tali pinggangmu. (FRUGAL TIMES)

Sebelum makan siang atau makan malam, pasanglah pita di pinggangmu. Ketika kamu merasa pita itu mengetat, berarti sudah waktunya kamu untuk berhenti makan. Trik ini sangat sederhana namun efektif untuk mencegah makan berlebih.

2Minum dari gelas tinggi

Minum dari gelas tinggi. (BRIGHTSIDE)

Sebagian besar kalori yang dibutuhkan tubuh biasanya bukan berasal dari makanan, melainkan minuman. Contohnya, satu gelas jus mengandung hingga 120 kalori dan 20 gram gula.

Jumlah ini bisa menurun jika kamu memilih ukuran gelas yang tepat.  Rata-rata, kamu akan menuangkan air 20% -30% lebih sedikit ke dalam gelas tipis panjang, daripada ke yang berukuran pendek.

3Makan dengan memakai timer

Makan dengan memakai timer. (BRIGHTSIDE)

Saat kamu makan terburu-buru, kamu cenderung akan makan berlebihan karena otak enggak punya cukup waktu untuk menerima sinyal bahwa perut sudah kenyang. Jadi, cobalah gunakan timer dan pasang selama 20 menit agar kamu bisa menikmati makanan secara perlahan.

4Mandi air panas

Mandi air panas. (BRIGHTSIDE)

Menurut para ilmuwan dari Loughborough University, air panas enggak hanya membuat kamu lebih rileks, tetapi juga bisa bantu menurunkan berat badan. Berdasarkan studi tersebut, ternyata satu jam mandi air panas bisa membakar sekitar 130 kalori.

Ini sama seperti dengan kalori yang hilang setelah berjalan selama 30 menit! Selain itu, tingkat gula darah rata-rata juga turun 10% setelah mandi.

5Siapkan buah-buahan di meja makan

Siapkan buah-buahan di meja makan. (BRIGHTSIDE)

Ketika kamu sering melihat makanan sehat, otak akan tersugesti untuk mengonsumsi makanan sehat. Bahkan, trik ini enggak hanya berlaku untuk buah dan sayuran asli, tetapi juga foto. Jadi, keputusan mem-follow akun-akun healthy-food di media sosial adalah keputusan tepat!

6Pilih duduk di sisi ujung meja makan

Pilih duduk di sisi ujung meja makan. (BRIGHTSIDE)

Trik ini sangat ampuh terutama saat kamu sedang ada dalam acara jamuan makan besar. Menahan nafsu makan di tengah kondisi meja yang dipenuhi makanan lezat dan menggoda tentu akan sangat berat. Oleh karena itu, triknya usahakan duduk di sisi ujung meja makan karena biasanya akan lebih sulit untuk menjangkau makanan, sehingga peluang makan berlebih pun berkurang.

7Buat tradisi menyenangkan sebelum makan

Buat tradisi menyenangkan sebelum makan. (BRIGHTSIDE)

Riset dari University of Minnesota menunjukkan bahwa makanan yang disantap dalam rangka perayaan, misalnya ulang tahun, arisan, dan sebagainya, akan terasa jauh lebih nikmat. Nah, mungkin cara ini juga bisa kamu terapkan, yaitu membuat kebiasaan menyenangkan sebelum makan yang bisa membuat mood kamu saat makan lebih baik, sehingga makanan apapun yang sehat dan hambar jadi lebih nikmat.

8Memotong makanan jadi lebih kecil

Memotong makanan jadi lebih kecil. (BRIGHTSIDE)

Cara ini cukup efektif untuk “menipu” otak dan memberi kesan bahwa ada lebih banyak makanan di piring daripada yang sebenarnya. Jadi, kamu akan merasa jauh lebih cepat kenyang dan enggak akan makan terlalu banyak. Trik memakai piring kecil juga sama efektifnya. Selain itu, coba juga makan menggunakan sumpit, dari pada sendok dan garpu.

 

BRIGHTSIDE| WHO.INT| TANDFONLINE​

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments