hero
(Instagram @sandiuno)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

13 April 2018, 19:25 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan klarifikasi soal dirinya yang mengenakan baju dinas ketika hadir di Rakornas Partai Gerindra. Anies mengaku diundang dalam acara tersebut sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Yang penting adalah sesuai dengan aturan. Aturannya kalau gubernur itu bisa mendatangi acara apa saja selama dia diundang. Saya bisa diundang siapa saja. Jadi kalau ada kegiatan apapun, saya datang sebagai gubernur boleh-boleh saja. Dan sebagai gubernur, datang ya berseragam gubernur,” ujarnya kepada Esther Cramer dari NET di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat 13 April 2018.

Rabu lalu, beredar foto di media sosial saat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengenakan seragam dinas ketika menghadiri acara Rakornas Partai Gerindra di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Sandiaga Uno dan Anies Baswedan menghadiri Rakornas Partai Gerindra, Rabu 11 April 2018. (Instagram @sandiuno)

Dalam foto tersebut, Anies mengenakan seragam lengkap dengan atribut Pemprov DKI Jakarta, sedang tersenyum sambil menaiki kuda. Foto tersebut sempat menuai kritik dari netizen, yang justru menduga Anies sedang bolos kerja karena berada di Bogor, Jawa Barat, saat jam kerja.

Anies saat menghadiri rakornas Partai Gerindra mengenakan Pakaian Dinas Harian khusus untuk hari Rabu, yaitu kemeja putih. Tak lama setelah menjabat gubernur, Anies memang mengubah aturan pakaian dinas. Peraturan Gubernur Nomor 183 Tahun 2017 Tentang Pakaian Dinas diteken Anies dan berlaku sejak 16 November 2017. Dalam peraturan tersebut, diatur jenis-jenis seragam yang wajib dikenakan oleh PNS di lingkungan Pemprov DKI disesuaikan dengan hari dan acara. Berikut ini daftarnya:

1Senin dan Selasa (PDH Warna Khaki)

Anies Baswedan mengenakan PDH warna khaki di areal pertanian Jalan Inspeksi BKT Timur, Cakung, Jakarta, Selasa 23 Januari 2018. (ANTARA/Dhemas Reviyanto)
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berkeliling kompleks Balai Kota, Jakarta, Selasa 17 Oktober 2017. (ANTARA/Galih Pradipta)

 

3Kamis (PDH Batik)

Anies Baswedan meninjau kepala kereta MRT di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Kamis 12 April 2018. (ANTARA/Sigid Kurniawan)

 

4Jumat (PDH Khas Daerah)

5HUT Korpri/Hari Besar Nasional/Sesuai Ketentuan Acara (Seragam Korpri)

6Pada Acara Resmi (PDU, PSL, PSR)

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Senin 16 Oktober 2017. (ANTARA/Wahyu Putro A)

ESTHER CRAMER

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments