hero
(Variety)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

13 April 2018, 17:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pada tanggal 14 Maret 2018 lalu, dunia sains mendapatkan berita duka saat salah satu fisikawan besar, Stephen Hawking meninggal dunia. Ia meninggal pada usia 76 tahun akibat penyakit neuron motorik langka yang dideritanya sejak tahun 1964.

Hawking sendiri mulai banyak dikenal berkat karya-karyanya yang inofatif dalam ilmu fisika dan kosmologi. Melalui teori-teorinya yang brilian, ia mencoba untuk menjelaskan bagaimana alam semesta bekerja secara mendalam.

Dan melalui teori tersebut, ia juga kerap menyampaikan prediksi mengenai masa depan bumi. Penasaran apa saja prediksinya? Simak ulasannya yang dilansir dari laman Brightside berikut ini:

1. ANCAMAN DATANG DARI VAKSIN YANG DICIPTAKAN ILMUAN

(Brightside)

Sebelum meninggal dunia, Hawking sempat mengatakan jika salah satu hal yang menjadi ancaman bagi umat manusia bukan berasal dari alam melainkan dari apa yang diciptakan sendiri.

Salah satunya adalah virus rekayasa genetika yang kerap dilakukan oleh para ilmuan. Memang pada awalnya rekayasa genetika ini dibuat untuk mengobati penyakit manusia, namun seiring berjalannya waktu para peneliti juga menemukan virus lain yang berbahaya.

2. ALIEN AKAN MENYERANG BUMI

(Science)

Hawking termasuk salah satu ilmuan yang percaya jika ada kehidupan lain di alam semesta dan mereka bukanlah makhluk yang ramah. Dikutip dari teori 'tanpa batas' milik Hawking, kosmos kita hanyalah satu dari banyak alam semesta yang terpisah. Meski belum ada fakta yang kongkrit, ada kemungkinan besar alien ingin menghancurkan planet lain.

3. ALAM SEMESTA AKAN BERAKHIR

(Brightside)

Dua minggu sebelum meninggal, Hawking baru saja menyelesaikan karyanya yang berjudul A Smooth Exit From Eternal Inflation. Dalam teori tersebut, ia memperkirakan bahwa alam semesta akan memudar jadi kegelapan karena semua bintang akan kehabisan energi. Oleh karena itu, ia menyarankan umat manusia untuk mencari tempat tinggal di planet lain jika ingin bertahan hidup.

4. ROBOT AKAN GANTIKAN MANUSIA

(Brightside)

Ilmuan yang kisahnya diabadikan dalam film The Theory of Everything ini percaya jika kelak sistem kecerdasan buatan dapat berkembang dengan sistem mereka sendiri. Ia bahkan menganggap jika robot merupakan penemuan terburuk sepanjang sejarah karena bisa menggantikan manusia.

Lulusan Universitas Oxford ini juga mengingatkan jika pengembangan lebih lanjut dari teknologi kecerdasan buatan bisa menjadi kesalahan fatal jika kita tidak menyadari resikonya.

5. SENJATA NUKLIR AKAN HANCURKAN POPULASI MANUSIA

(Mental Floss)

Pasti kamu tahu dong, beberapa negara di dunia saat ini tengah mengembangkan senjata nuklir demi menjaga keamanan negara mereka. Nah, bagi Hawking senjata jenis ini bisa membawa manusia pada konsekuensi bencana yang bisa menjadi akhir dari kehidupan di dunia.

6. MANUSIA HARUS TEMUKAN PLAMET LAIN UNTUK DITEMPATI

(Brightside)

Pria kelahiran Cambridge ini juga sudah mengingatkan manusia untuk menemukan planet lain yang bisa ditinggali dalam kurun waktu 100 tahun. Jika tidak, umat manusia akan mati karena planet bumi akan mati.

Untuk bisa mengatasi masalah tersebut, Hawking menyarankan kita harus menjadi orang yang multi-planet agar bisa menemukan dunia baru.

7. BUMI AKAN BERUBAH JADI BOLA API

(Brightside)

Hawking memperkirakan jika planet Bumi akan berubah menjadi bola api dalam waktu kurang dari 600 tahun. Pada saat itu, Bumi sudah semakin padat sehingga membuat bumi memerah dan umat manusia akan musnah.

Ia juga menambahkan adanya pemanasan global bisa membuat kondisi Bumi mirip seperti Venus yang panas dan gersang.

BRIGHTSIDE