hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

12 April 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Yoga enggak hanya membuat tubuh lebih harmonis dan menjernihkan pikiran, tetapi juga membantu memperkuat tubuh. Orang yang rutin melakukan yoga sering disalahartikan sebagai pengunjung setia tempat gym.

Kamu pasti tahu dong, aktor sekaligus penyanyi, Jared Leto? Ternyata dia menjaga kesehatan tubuhnya dengan rajin banget melakukan yoga dengan teratur. Enggak heran, dia sampai meraih gelar seorang pria yang muda abadi.

Sebelum memulai latihan yoga, jangan sampai kamu mengabaikan persiapan. Pastikan kamu berada di tempat yang tenang, sunyi, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Pilih pakaian olahraga yang nyaman dan siapkan juga alas yoga yang datar. Ingat, jangan makan dan minum terlalu banyak sebelum latihan yoga.

Gunakan pakaian yang nyaman, serta pilihlah tempat yang tenang, sunyi, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. (BRIGHTSIDE)

Latih juga ritme bernafas dari hidung menuju diafragma. Bernafaslah secara perlahan dan mendalam, serta upayakan dengan ritme yang teratur. Nah, berikut ini beberapa tips yoga buat kamu agar setiap gerakan yang dilakukan semakin efektif, seperti dilansir Brightside berikut ini.

Latihlah ritme bernafas dari hidung menuju diafragma. (BRIGHTSIDE)

 

1Posisi kucing

Ambil posisi tubuh seperti hendak merangkak. Pastikan jari-jari tangan membuka lebar dan telapak kaki menempel seutuhnya di lantai.

Posisi kucing. (BRIGHTSIDE)

Sambil menarik napas, lekukkan punggung ke lantai sambil menarik kepala ke atas. Saat menghembuskan nafas, miringkan kepala mendekat ke dada. Dan tekuk punggung seakan membentuk punuk.

2Posisi anjing menghadap ke bawah

Posisi anjing menghadap ke bawah. (BRIGHTSIDE)

Masih dengan posisi merangkak, pastikan posisi pinggang dan lenganmu tegak lurus dengan lantai. Tekuk punggung bagian bawah, lalu sambil menghela nafas, dorong lengan menjauhi lantai hingga posisi bokong terangkat. Luruskan lutut dan tekan tumit ke lantai. Tahan posisi ini selama 1 menit.

Gerakan ini umumnya dilakukan pelari yang perlu beristirahat setelah berlomba. Efeknya membuat kaki terasa ringan, mengurangi rasa sakit dan kekakuan di tumit. Gerakan ini juga memperkuat pergelangan kaki, otot betis, serta membantu meredakan nyeri sendi di bahu.

3Posisi segitiga memutar

Posisi segitiga memutar. (BRIGHTSIDE)

Rentangkan posisi kaki kira-kira satu meter, serta renggangkan kedua lengan. Saat menarik napas, tarik kedua tangan ke atas, lalu tekuk badan ke kanan sambil menghembuskan napas dan letakkan tangan kanan di lantai di tepi luar kaki. Lakukan gerakan ini sambil mengatur nafas selama 20-30 detik, lalu lakukan dengan arah sebaliknya.

Gerakan asana ini menata otot-otot kaki, melenturkan sendi panggul, memperkuat lutut, pergelangan kaki, dan merenggangkan dada. Gerakan ini juga membantu menghilangkan kelainan bentuk kaki dan mengurangi rasa sakit di punggung dan leher.

4Pose prajurit I

Pose prajurit I. (BRIGHTSIDE)

Angkat kedua tangan ke atas dan tarik sejauh mungkin ke depan. Tarik nafas mendalam, rentangkan kaki 120-130 cm ke belakang.

Sambil membuang nafas, putar kaki kanan 90° ke kanan, dan putar kaki kiri sedikit ke kanan. Tekuk lutut kaki kanan sedemikian rupa sehingga tulang paha menjadi sejajar dengan lantai, dan tulang kering menjadi tegak lurus dengan lantai. Ruang antara betis dan paha harus membentuk sudut siku-siku.

5Pose prajurit 2

Pose prajurit 2. (BRIGHTSIDE)

Tarik nafas, jauhkan posisi kaki hingga terpisah 120-130 cm, sambil merentangkan kedua lengan ke samping sejajar dengan bahu.

Putar kaki 90° ke arah kanan, lalu putar juga kaki kiri ke arah dalam. Sambil membuang nafas, tekuk kaki kanan hingga 90°. Putar juga kepala ke kanan dan pertahankan posisi ini selama 20-30 detik.

6Pose prajurit III

Pose prajurit III. (BRIGHTSIDE)

Mirip dengan gaya prajurit II, rentangkan kedua kaki memisah sejauh 120 cm. Kemudian angkat kedua lengan ke depan lalu bungkukkan badan hingga membentuk sudut tegak lurus dengan kaki.

Sambil membungkuk perlahan, angkat juga salah satu kaki ke atas dan luruskan. Tahan posisi ini selama 20-30 detik sambil mengatur nafas yang dalam dan pastikan tubuh sejajar dengan lantai.

7Posisi elang

Posisi elang. (BRIGHTSIDE)

Berdirilah dengan tegak, angkat kaki kanan kemudian sangkutkan dan lilitkan ke kaki kiri. Pada tangan, lakukan pose serupa, yaitu melilitkan tangan kanan ke tangan kiri.

Jaga keseimbangan tubuh sambil terus membawa tubuh merendah ke bawah. Tahan selama 15-20 detik sambil bernafas teratur.

 

BRIGHTSIDE|THISISINSIDER

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments