hero
(ANTARA/Adeng Bustomi)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

12 April 2018, 16:30 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sudah hampir pasti kembali berlaga di Pilpres 2019. Presiden Jokowi sudah jauh hari ditetapkan oleh PDI Perjuangan (PDIP) sebagai Capres. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengumumkan pencalonan kembali Jokowi di Rakernas III PDIP di Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali, Jumat 23 Februari 2018. 

Sementara itu Prabowo Subianto pun sudah resmi menjadi capres diputuskan oleh rakernas Partai Gerindra di Hambalang, Bogor, Rabu 12 April 2018 kemarin. “Dari hasil rapat pimpinan nasional maka secara resmi calon presiden dari Partai Gerindra adalah Haji Prabowo Subianto, tidak ada nama lain, tunggal satu-satunya nama yang diminta yang disebut oleh forum rapat pimpinan nasional, rapat koordinasi nasional, hanya Prabowo Subianto,” tegas Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani kepada Yusuf Reza dari NET.

Partai Gerindra telah resmi mencalonkan Prabowo Subianto sebagai calon presiden. (ANTARA/Ardiansyah)

Teka-teki capres sudah terjawab, mengingat sebelumnya beredar kabar bahwa Prabowo Subianto sempat ragu untuk maju kembali sebagai capres di pemilu tahun depan. Tinggal ada tidaknya poros ketiga di luar poros PDIP dan Gerindra akan melengkapi puzzle siapa saja para petarung di palagan pemilihan Presiden RI.
 
Di luar capres, bursa cawapres kini bergulir semakin dinamis. Kabar kepastian siapa yang akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai cawapres di Pemilu 2019 sangat dinanti, salah satunya oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Di sejumlah kesempatan, Cak Imin, panggilan akrab Muhaimin, optimis bahwa Presiden Jokowi akan memilihnya sebagai calon RI 2. Seperti apa langkah-langkah politik Cak Imin, menyambut laga Pilpres 2019, berikut rangkumannya: 

1Deklarasi Pencalonan sebagai Cawapres di Pemilu 2019

Cak Imin mengumumkan secara resmi pencalonan dirinya sebagai cawapres saat bertemu dengan para pimpinan media massa di Jakarta, Rabu 14 Maret 2018. “Hari ini untuk pertama kalinya saya secara resmi mengaku sebagai cawapres. Selama ini saya belum pernah mengaku, meski bilboard saya sebagai cawapres sudah ada di mana-mana,” kata Cak Imin.

 

2Peresmian Posko Join, Jokowi-Muhaimin

PKB meresmikan Posko Join, singkatan dari Jokowi-Muhaimin di Tebet, Jakarta Selatan, Selasa 10 April 2018. PKB pun secara resmi mengusung pasangan Jokowi dan Muhaimin di Pilpres 2019. Cak Imin meresmikan posko bersama ratusan relawan dan simpatisan PKB. Cak Imin juga kembali menekankan bahwa dirinya siap mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang.
 

JOIN untuk Indonesia

Sebuah kiriman dibagikan oleh A Muhaimin Iskandar (@cakiminow) pada

3Komunikasi Politik PDIP dan PKB

Usai peresmian Posko Join, Sekjen PDIP Hasto Kristianto langsung mendatangi kantor DPP PKB di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa siang. Pertemuan tertutup antara Hasto dan Muhaimin membahas keinginan Cak Imin mendampingi Jokowi di Pilpres 2019. 
 

Muhaimin Iskandar dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kedua kanan) usai melakukan pertemuan tertutup di DPP PKB, Jakarta, Selasa 10 April 2018. (ANTARA/Galih Pradipta)

“Terkait cawapres karena PDIP telah menetapkan Bapak Joko Widodo sebagai calon presiden pada tanggal 23 Jumat Wage Februari yang lalu, maka terkait cawapres nanti dari PDIP, kongres telah menetapkan Ibu Megawati untuk mengambil keputusan,” ujar Hasto kepada sejumlah awak media, termasuk Aditya Mustaqim dari NET.

Cak Imin sendiri yakin Jokowi akan memilihnya sebagai cawapres. “Bukan syarat, tapi itu yang didukung PKB, kita yakin bersedia,” kata Muhaimin. 

4Ziarah ke Makam Taufik Kiemas

Cak Imin juga telah berziarah ke makam mantan Ketua MPR, Taufik Kiemas di Taman Makam Pahlawan Kalibata, 25 Maret 2018. Mendiang Taufik Kiemas adalah suami Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Cak Imin mengungkapkan tujuannya berziarah untuk mengingat semangat kebersamaan yang selalu digaungkan oleh Taufik Kiemas. Muhaimin sendiri akan dilantik wakil ketua MPR keesokan harinya. Usai ziarah awak media kembali menanyakan peluang dirinya sebagai cawapres Jokowi.

“Kalau berita langit sudah hampir pasti ke saya, jadi jangan pesimis dulu,” ujar Cak Imin kepada Irez Anggraini dari NET, usai ziarah. 

 

5Kalau Tak Dipilih Jokowi, Berkoalisi dengan Partai Gerindra?

Di luar pilihan koalisi dengan partai berlambang banteng moncong putih, Partai Gerindra sendiri membuka peluang untuk Cak Imin masuk ke kubunya.
 
"Dengan PKB kita komunikasi. Pak Prabowo belum pernah ketemu dengan Pak Muhaimin. Tapi ada elit partai PKB yang sering bertemu dengan saya dan ada sebuah wawasan kalau Muhaimin ingin maju sebagai Cawapres,” Kata Waketum Gerindra, Arief Poyuono kepada Delviana Azari dari NET

“Nanti kita lihat apakah PKB juga bisa bergabung dengan kita atau PPP. Karena saya juga enggak yakin partai-partai di sebelah sana itu akan solid mengusung Jokowi nanti," lanjut Arief. 
 

Muhaimin Iskandar mengikuti penutupan pameran tunggal pelukis Jupri Abdullah, bertajuk "Rythm of Freedom", di Balai Budaya, Jakarta, Selasa 20 Maret 2018. (ANTARA/Dodo Karundeng)

Di mata analis politik, sebenarnya Cak Imin mempunyai posisi tawar yang lumayan baik. Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan mengungkapkan Cak Imin memiliki posisi tawar yang cukup tinggi mengingat menguatnya politik identitas di Pilpres 2019. Menurut Djayadi, Cak Imin cocok untuk di poros Jokowi dan Prabowo karena memiliki karakter konstituen (pemilih) yang berbeda.

“Problem Jokowi adalah kurang dekat dengan aspirasi umat, dan dia bukan militer. Kalau enggak cari dari militer, dari kalangan Islam,” kata Djayadi. “Daya tawar itu bisa juga di Prabowo,” pungkas Djayadi.

Lalu bagaimana akhir dari hari penantian Cak Imin jelang Pilpres 2019 ini? Waktu yang akan menjawabnya. 

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments