hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

11 April 2018, 18:30 WIB

AMERIKA SERIKAT

Mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa perlu setir atau pengemudi kayanya akan segera terwujud. Mobil masa depan yang futuristik ini akan segera dikeluarkan oleh General Motors pada 2019. General Motors akan meluncurkan sebuah kendaraan listrik berbasis komputer bernama Cruise Autonomous Vehicle (AV) yang tidak lagi membutuhkan kontrol manual. Mobil sedan tanpa pengemudi ini tentunya memiliki tampilan yang berbeda, terutama dibagian ruang kemudinya.

 

1. Tanpa roda atau pedal

Komputer yang ditanamkan dalam mobil merupakan bagian penting dalam mobil tanpa pengemudi ini. Karena semua tindakan dalam proses mengemudi diambil alih oleh komputer, seperti  menyetir, akselerasi, dan pengereman. Hal ini akan mengurangi kontrol manual dan campur tangan manusia. Sistem digital mobil memiliki banyak sirkuit cadangan yang bekerja bersamaan. Jadi, unsur penting dalam mobil (tenaga listrik, navigasi, dan pendeteksi kecelakaan) tidak akan rusak sepenuhnya saat terjadi kerusakaan.

2. Layar

Penumpang mobil tidak perlu mengawasi jalanan terus menerus. Penumpang cukup mengawasi keadaan sekitar mobil melalui layar sentuh yang ada di dashboard dan juga kursi belakang. Layar tersebut akan menampilkan semua rincian tentang perjalanan dan memungkinkan para penumpang untuk berhenti sebentar saat perjalanan. Panel layar tersebut merupakan penghubung utama antara penumpang dan mobil. Lewat layar tersebut para penumpang juga bisa melakukan hal-hal lain di luar proses kemudi mobil, seperti mengetahui prakiraan cuaca hingga menyusun lagu-lagu yang didengarkan sepanjang perjalanan.

 

3. Sensor

Cruise AV memiliki 21 sensor, 16 kamera, dan lima unit lidar berbasis laser yang digunakan untuk mengamati setiap hal disekitar mobil. Sensor, kamera, dan laser ini memiliki kemampuan yang mengagumkan. Kamera dan lidar dapat dengan cepat mengenali pejalan kaki, pesepeda, dan rambu lalu lintar yang ada disekitar mobil, untuk menjaga mobil tetap berada di jalur yang benar. Sensor radar berputar, yang terdapat pada bagian spion mobil, merupakan alat pengukur jarak yang bisa mengidentifikasi keadaan lalu lintas.

4. Rem darurat

Mobil tanpa pengemudi ini memiliki tombol darurat yang terletak di atas setiap kursi penumpang. Menekan tombol sekali merupakan tanda untuk mobil agar menepi dengan aman saat keadaan sudah memungkinkan. Proses menepinya akan terjadi dengan perlahan, tidak akan terburu-buru mengerem seperti yang akan dilakukan manusia dalam kondisi darurat. Pengemudi juga bisa menggunakan sistem roadside-assistance yang memungkinkan campur tangan manusia untuk membantu mengendalikan mobil pada saat masalah teknis terjadi. Sistem tersebut juga akan langsung aktif jika terjadi kecelakaan.

Selain empat fitur canggih tersebut, Cruise AV generasi keempat ini juga memiliki kemampuan untuk menutup dan membuka pintu sendiri secara otomatis.

POP SCI | TECH CRUNCH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments