hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

2 April 2018, 06:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Mau mencari penghasilan sambil jalan-jalan? Kamu bisa mencoba jadi guru bahasa Inggris loh. Dilansir dari gooverseas, pekerjaan ini bisa memberikan penghasilan cukup memadai buat anak muda. 

Apalagi kalau kamu mengajar di negara-negara yang bayarannya tinggi. Tapi selain gaji, ada juga pertimbangan biaya hidup di sana karena terkait dengan sisa uang yang bisa kamu tabung. Berikut ini negara-negara yang memberi bayaran tinggi buat guru bahasa Inggris:

1. UNI EMIRAT ARAB

Negara ini dikenal sebagai tempatnya para ekspatriat. Banyak pekerjaan bergaji tinggi, termasuk guru bahasa Inggris yang pendapatannya bisa mencapai US$2400 sampai US$$4000 per bulan atau sekitar Rp27 juta sampai Rp52 juta. Menggiurkan banget ya?

Syarat yang dibutuhkan biasanya sertifikat kemampuan berbahasa Inggris dan pengalaman mengajar yang mumpuni. Di sini, kamu dapat mencicipi kehidupan ‘wah’ khas UEA, khususnya di kota besar seperti Dubai dan Abu Dhabi.

2. OMAN

Oman merupakan negara Arab yang sedang berkembang dan menaruh banyak perhatian di sistem pendidikan mereka, termasuk bahasa Inggris. Kalau jadi guru di sini, kamu bisa memperoleh pendapatan sekitar US$1000 sampai US$3500 atau Rp13juta-Rp48 juta per bulan.

Asyiknya, biaya hidup di Oman termasuk rendah, yaitu sekitar US$700 atau Rp9 juta per bulan. Jadi kamu dapat punya tabungan lebih dari penghasilan di sini.

3. ARAB SAUDI

Kalau kamu siap menghadapi cuaca panas khas gurun pasir di Arab Saudi, kamu dapat memilih negara ini sebagai destinasi mengajar. Syarat yang dibutuhkan untuk guru bahasa Inggris biasanya sertifikat TEFL dan pengalaman mengajar. Tapi banyak juga lowongan kerja sebagai guru yang tidak mensyaratkan sertifikat mengajar. Tawaran gaji di Arab Saudi yaitu sekitar US$3000 per bulan atau Rp39 juta.

4. JEPANG

Jepang punya banyak hal menarik buat orang-orang. Mulai dari pemandangan cantik gunung Fuji, kebun bunga sakura, masyarakatnya yang welcome sampai kuliner enak. Nah buat para guru bahasa Inggris, negara ini juga punya daya tarik karena gajinya bisa mencapai US$3000 atau Rp39 juta per bulan. 

Selain itu, biasanya guru mendapat tempat tinggal gratis dan penggantian uang tiket pesawat jika berasal dari luar Jepan. Tapi itu semua ada syaratnya. Kamu harus punya sertifikat TEFL dan mesti siap bersaing dengan para pekerja di Jepang yang kompetitif.

5. KUWAIT

Kuwait memang dikelilingi gurun pasir. Tapi di Kuwait City, kamu bisa menemukan kota yang modern, taman hijau dan tempat hiburan menarik. Selain itu ada banyak sekolah internasional yang terus berkembang dan butuh guru bahasa Inggris. Gaji yang ditawarkan dapat mencapai US$2600 (Rp35 juta) dan kamu akan dibebaskan dari pajak.

6. KOREA SELATAN

Sebagai negara yang sedang berkembang pesat, termasuk di bidang pariwisata, Korea Selatan menawarkan pilihan menarik buat para guru bahasa Inggris. Di sini, kamu dapat memperoleh penghasilan sampai US$2000 atau Rp26 juta per bulan, dengan tambahan tempat tinggal dan penggantian uang tiket pesawat. 

Korea Selatan bisa jadi destinasi terbaik karena negara ini juga memperhitungkan biaya overtime dan bonus bagi guru. Biaya hidup di sini juga terjangkau loh.

7. TAIWAN

Sama seperti Korea Selatan, gaji untuk guru bahasa Inggris di sini mencapai US$2000 (Rp26 juta) per bulan. Tapi biaya hidup di Taiwan lebih rendah jadi kamu bisa punya sisa uang untuk disimpan. 

Lingkup kerja guru bahasa Inggris di negara ini juga banyak, mulai dari sekolah tingkat TK sampai universitas. Dan tidak semua mensyaratkan sertifikat TEFL. Cukup dokumen yang menunjukkan kalau pendidikan kamu sudah mencapai tingkat sarjana.

Selain negara-negara tersebut, ada juga Vietnam dan Cina yang menawarkan hal menarik lainnya. Jadi, apa kamu tertarik mengajar bahasa Inggris di negara-negara itu?

GOOVERSEAS

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments