hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

16 Maret 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kebanyakan orang menghabiskan seluruh waktu dalam harinya di kantor dan hampir dipastikan sebagian besarnya dalam keadaan duduk. Sementara, duduk terus menerus selama berjam-jam dapat mempengaruhi kesehatan secara negatif.

Untuk itu, perlu ada beberapa perubahan di ruang kerja agar membuatnya lebih sehat. Berikut sejumlah cara inovatif yang mungkin bisa kamu implementasikan di kantor seperti dilansir Brightside berikut ini.

1Meja berdiri

Meja berdiri. (PINTEREST)

Biasanya orang menghabiskan hari dengan duduk di meja kerjanya. Nah, cobalah untuk bekerja di meja sambil berdiri. Berdiri enggak hanya menurunkan potensi kegemukan, tapi juga membantu mengendalikan kadar gula darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

2Meja sepeda

Meja sepeda. (PINTEREST)

Bekerja sambil berdiri di meja mungkin terdengar terlalu melelahkan bagimu. Mungkin meja sepeda akan menjadi alternatif yang lebih mudah. Kamu bisa punya pilihan untuk mengayuh sambil bekerja demi kesehatan. Atau bisa juga hanya duduk di kursi sepeda jika merasa lelah.

3Meja roda hamster

Meja roda hamster. (PINTEREST)

Layaknya seekor hamster, meja ini memungkinkan kamu bekerja sambil berjalan di atas roda yang berputar. Para ahli sepakat, berjalan lebih baik daripada sekadar berdiri.

4Kursi swiss-ball

Kursi swiss-ball. (BRIGHTSIDE)

Bola Swiss sangat dianjurkan sebagai kursi di kantor karena dapat membantu mengaktifkan otot perut dan punggung. Ini memungkinkan kamu mempertahankan postur duduk yang tepat, sehingga mengurangi kemungkinan sakit punggung.

5Kursi berdiri

Kursi berdiri. (BRIGHTSIDE)

Kursi berdiri portabel ini mungkin terlihat aneh, tetapi kursi ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Kamu bisa mendapatkan kenyamanan duduk, sekaligus manfaat kesehatan dari berdiri di waktu yang sama.

6Stress-ball

Stress-ball. (BRIGHTSIDE)

Bola ini adalah salah satu alat yang bisa menjadi alternatif untuk melepas penat di tengah pekerjaan. Cukup gantungkan di sisi bawah meja dan kamu bisa memencetnya di sela waktu bekerja. Sensasinya kurang lebih seperti tren bermain squishy.

7Dartboard wajah

Dartboard wajah. (BRIGHTSIDE)

Sedang marah atau kesal dengan bos, klien, atau rekan kerja? Eits, hati-hati sebab rasa marah atau kecewa justru bisa menurunkan produktivitas. Lebih baik, coba cara lebih menyenangkan! Yaitu dengan memakai dartboard yang bisa disisipkan foto wajah. Percaya deh, trik ini cukup ampuh dan seru lho.

8Naik turun dengan tangga

Naik turun dengan tangga. (BRIGHTSIDE)

Kamu pasti tahu kalau menggunakan tangga lebih baik daripada lift. Sayangnya, kebanyakan orang sering beralasan kekurangan waktu, takut terlambat menghadiri rapat, atau merasa capek. Yuk, ingat lagi untuk sesekali memanfaatkan fasilitas tangga di kantor.

9Tidur siang di kantor

Tidur siang di kantor. (BRIGHTSIDE)

Di Jepang, karyawan justru diimbau untuk meluangkan sedikit waktu untuk tidur siang di kantor. Sebaliknya, di kebanyakan tempat hal ini justru dianggap buuruk dan tidak profesional. Padahal, penelitian terbaru membuktikan tidur siang mampu meningkatkan kreativitas dan produktivitas karyawan.

10Panjat tembok

Panjat tembok (VERTICAL SOLUTION)

Salah satu yang membuat Google didapuk sebagai kantor terbaik di dunia adalah karena adanya sebuah tembok yang bisa jadi wahana memanjat bagi karyawan. Selain menyenangkan, panjat tembok ini tentu saja menyehatkan. Kalau kamu punya kantor sendiri, mungkin ide ini bisa kamu coba.

 

BRIGHTSIDE| INSTRUCTABLES| GAIAM

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments