hero
(CBC)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

14 Maret 2018, 07:50 WIB

INDONESIA

Setiap kali mengingat kata psikopat, kamu pasti langsung terbayang sosok berbahaya dan menyeramkan yang ada di film atau drama bertema kriminal. Para psikopat seperti itu nyatanya memang ada dalam kehidupan sehari-hari. Meski, memang dalam jumlah yang relatif sedikit, sekitar 1 persen dari populasi di dunia.

Dilansir dari Brightside, inilah sifat-sifat yang bisa kamu observasi dari orang-orang di sekitar.atau bahkan diri kamu sendiri untuk mengetahui apakah ciri psikopat itu ada atau tidak.

 

 

1Kurang berempati

Seorang psikopat umumnya lebih memainkan logika, dan kurang memiliki perasaan. (BRIGHTSIDE)

Ciri seorang psikopat pada umumnya adalah kurangnya perasaan. Seperti empati, kepercayaan, dan memaafkan orang lain. Psikopat juga cenderung memanfaatkan sisi lemah orang lain. Dan,mampu menyakiti orang tanpa berpikir panjang.

2Manipulatif

Seorang psikopat menikmati preses manipulasi itu sendiri. (BRIGHTSIDE)

Biasanya orang bersikap manipulatif untuk mendapat keuntungan pribadi atau memenuhi tujuan tersendiri. Lain halnya dengan psikopat, biasanya mereka memanipulasi hanya karena mereka memang menikmati proses manipulasi itu sendiri.

3Impulsif dan enggak bertanggung jawab

Seorang psikopat cenderung menuduh orang lain atas kesalahannya. (BRIGHTSIDE)

Psikopat biasanya tidak konsisten dengan tindakan mereka, dan selalu merasa apa yang mereka mau lebih penting dari apa pun. Ketika mereka melakukan kesalahan, psikopat tidak akan mau disalahkan dan cenderung akan menuduh orang lain atas kesalahan mereka.

4Narsis

Seorang psikopat memiliki sifat narsis dan merasa dirinya lebih superior dari orang lain. (BRIGHTSIDE)

Psikopat memiliki sifat narsis yang berlebih. Mereka merasa dirinya lebih superior daripada orang lain. Seringnya, kelebihan itu hanyalah ilusi mereka. Namun, enggak jarang juga psikopat justru benar-benar sukses dan memiliki pencapaian mengagumkan.

5Pembohong

Perkataan dan tindakan seorang psikopat sering tidak sinkron. (BRIGHTSIDE)

Berbohong mungkin memang hal yang cukup biasa bagi semua orang, tapi psikopat berbohong dengan sangat lihai. Perkataan dan tindakan mereka sering tidak sinkron. Mereka berbohong tanpa sebab dan terkadang bahkan tidak berusaha untuk menyembunyikannya.

6Berkepribadian menarik

Seorang psikopat bisa menjadi pribadi yang menarik saat berinteraksi, namun jangan mengharapkan ketulusannya. (BRIGHTSIDE)

Enggak jarang psikopat bisa menjadi seseorang yang sangat menarik dan luwes saat berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan mereka bisa membuat orang enggak menyadari sifat manipulatif yang tersembunyi di balik perbuatan dan perkataan mereka yang sangat menarik. Psikopat bisa berkata-kata dan bersikap dengan sangat apik, namun jangan pernah mengharapkan ketulusan mereka.

7Tidak merasa bersalah

Psikopat cenderung tidak pernah merasa bersalah atas pelanggaran atau kesalahan yang dilakukannya. (BRIGHTSIDE)

Bagi psikopat, aturan, norma, dan moralitas hanyalah regulasi yang tidak berguna dan mereka tidak menganggapnya dengan serius. Maka dari itu, psikopat cenderung melanggar aturan atau norma tanpa merasa bersalah. Dan, bahkan bisa dengan mudah menjebak orang lain dalam pelanggaran mereka.

8Mudah bosan dan butuh sensasi

Psikopat seringnya merasa membutuhkan sensasi atau sesuatu yang menantang dalam hidup mereka. Mereka bisa menyakti orang lain demi memenuhi kepuasannya, dan melepaskan diri dari rasa stres. Enggak jarang, para psikopat menyenangi olahraga ekstrem.

9Suka kekerasan dan bully

Orang yang lemah biasanya jadi incaran psikopat untuk di-bully. (BRIGHTSIDE)

Psikopat sering dikatkan dengan perbuatan bullying terhadap orang di sekitar mereka, umumnya bisa dimulai sejak usia sekolah. Orang yang lemah dan tidak bisa melawan biasanya merupakan target kesukaan psikopat. Mereka juga mem-bully ketika iri dengan seseorang.

10Haus kekuasaan

Seorang psikopat rela menghalalkan segala cara demi kekuasaan. (BRIGHTSIDE)

Kekuasaan adalah salah satu mimpi besar para psikopat. Mereka senang mengontrol orang lain dan segalanya tanpa peduli keadaan. Mereka rela melakukan apa saja demi mendapatkan kemauan dan kekuasaan bagi dirinya. Dan, memperlakukan orang lain sesuka mereka tanpa bersikap objektif sekali pun.

 

BRIGHTSIDE| TELEGRAPH UK| NEWSWEEK

6

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments