hero
(THE SLEUTH JOURNAL)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

13 Maret 2018, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Menggunakan bahan makanan yang sudah kedaluwarsa tentu bisa berisiko, bahkan berakibat fatal buat kesehatan. Tapi, ternyata ada beberapa makanan yang enggak perlu kamu khawatirkan, karena mereka aman untuk dimakan bahkan setelah bertahun-tahun. Berikut beberapa makanan yang enggak punya masa kedaluwarsa. Dan mampu bertahan lama seperti dilansir Brightside.

 

1Cuka

Cuka. (BRIGHTSIDE)

Cuka putih adalah salah satu produk yang enggak akan kedaluwarsa. Namun, pastikan kamu menyimpannya dalam kondisi yang benar, yaitu dalam wadah kedap udara, sejuk, gelap, dan jauh dari sumber panas.

2Kecap

Kecap. (BRIGTHSIDE)

Kecap bisa disimpan dengan aman minimal 3 tahun, bahkan jika botolnya sudah dibuka. Masa simpan kecap dalam wadah kedap udara bisa lebih lama. Tapi tergantung jenis kecap, cara olahannya, kualitasnya, dan suhu penyimpanannya.

3Garam

Garam. (BRIGHTSIDE)

Garam sebenarnya adalah mineral karena itulah garam enggak akan rusak. Namun, garam beryodium hanya tahan sekitar satu tahun, sebab yodium biasanya menguap dan garam akan kehilangan kualitasnya. 

4Gula

Gula. (BRIGHTSIDE)

Seperti garam, gula bertahan untuk jangka waktu yang enggak terbatas. Terutama, jika disimpan dalam wadah kedap udara. Meskipun gula menyerap air berubah menjadi batu padat, gula enggak kehilangan kualitasnya.

5Madu

Madu. (BRIGHTSIDE)

Di salah satu piramida Mesir, para arkeolog menemukan beberapa toples madu. Usia rata-rata temuan itu sekitar 2.000-3.000 tahun. Dan ternyata madu masih bisa dimakan! Jika disimpan dalam toples kedap udara, madu bisa tahan selamanya karena mustahil bagi bakteri untuk tumbuh di dalamnya.

6Beras

Beras. (BRIGHTSIDE)

Suhu terbaik untuk menyimpan beras adalah pada 4,5°C atau kurang. Selain itu, beras juga awet jika disimpan dalam wadah plastik untuk makanan atau stoples kaca. Berdasarkan studi, beras dapat disimpan hingga 30 tahun dan enggak akan kehilangan aromanya atau nilai nutrisinya.

7Susu bubuk

 

Susu bubuk yang diproses sesuai dengan semua standar kesehatan dapat disimpan dalam waktu lama tanpa kehilangan nutrisinya. Asalkan disimpan dalam wadah kedap udara.

 

BRIGHTSIDE| EXTENSION.USU.EDU| USA EMERGENCY SUPPLY

8

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments