hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

13 Maret 2018, 06:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Profesi pilot biasanya digeluti sama laki-laki. Tapi sekarang, perempuan juga mulai menggeluti pekerjaan satu ini. Bahkan di Indonesia, sudah ada Ida Fiqriah yang dinobatkan sebagai kapten pilot wanita pertama di maskapai Garuda Indonesia. Seperti apa ya sosok perempuan inspiratif ini?

1. CITA-CITA AWALNYA BUKAN PENERBANG

(Indonesia Morning Show)

Sebelumnya Ida tidak bercita-cita menjadi pilot. Tapi kemudian dia mempelajari dunia dirgantara ini lewat sekolah penerbang PLP Curug, Tangerang. Setelah lulus di tahun 1996, dia kemudian bergabung dengan maskapai nasional Garuda Indonesia pada tahun 1999 sebagai FO (First Officer) atau ko-pilot. Hingga tahun 2009, Ida merupakan satu-satunya pilot wanita di Garuda Indonesia.

2. PENGALAMAN DENGAN BERBAGAI TIPE PESAWAT

(Indonesia Morning Show)

Sejak tahun 1999, Ida pernah menerbangkan berbagai jenis pesawat Garuda Indonesia. Mulai dari Boeing B737-300/400/500 dan wide body Airbus A330-300/200. Ia dipercayakan membawa boeing 300 yang berisi sekitar 300 orang penumpang. Selama jadi pilot, Ida mengakui pengalaman pertamanya saat membawa pesawat pertama kali adalah momen yang paling tidak terlupakan.

 

3. TETAP JADI IBU RUMAH TANGGA

(Indonesia Morning Show)

Profesi pilot tidak menghalangi Ida untuk menjadi ibu. Ida merupakan ibu dua anak, dimana anak pertamanya sudah berusia 13 tahun. Ida mengaku banyak dapat dukungan dari keluarga dalam menggeluti pekerjaan ini, termasuk dari suami yang berprofesi sebagai polisi.

Selama bekerja, Ida mendapat waktu 8 hari bebas tugas penerbangan. Waktu inilah yang dia manfaatkan optimal untuk menemani keluarganya.

4. JADI KAPTEN PILOT PENERBANGAN KARTINI

(Indonesia Morning Show)

Ida dilantik sebagai kapten pilot pada April 2017 lalu. Kemudian Ida menjalani penerbangan Kartini bersama kru maskapai Garuda Indonesia lain. Uniknya, semua kru di penerbangan ini terdiri dari perempuan. Baik pilot, kopilot, pramugari hingga teknisi, semuanya dipimpin oleh Ida sebagai kapten penerbangnya.

Buat para perempuan lain, Ida punya pesan agar selalu meningkatkan kualitas diri, apapun profesi yang kita geluti. Baik ibu rumah tangga, wanita kantoran atau pekerjaan lain. menurut Ida perempuan berkualitas dapat membawa manfaat dimana saja dia berada.

INDONESIA MORNING SHOW

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments