hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

12 Maret 2018, 18:30 WIB

INDONESIA

Keringatan saat usai berolahraga atau beraktivitas di luar ruang, itu sudah biasa. Yang menyebalkan, keringat biasanya membuat kamu bau badan. Nah, tahukah kamu, keringat berbau karena ada banyak bakteri di tubuh. Karena itu, jangan anggap sepele bau badan ya. Karena bau badan dapat mencerminkan gangguan kesehatan yang mungkin kamu alami, seperti diabetes, masalah hati, atau diet yang salah. Berikut ini adalah beberapa jenis bau badan yang perlu kamu waspadai.

 

 

 

1. Bau badan seperti feses

Jika bau badan kamu tercium seperti feses, bisa jadi disebabkan oleh sumbatan usus. Kondisi ini merupakan kondisi medis yang cukup berbahaya, karena terdapat sumbatan di usus besar atau usus kecil. Sumbatan inilah yang biasanya menyebabkan nafas berbau seperti feses. Lebih lanjut, masalah pencernaan bisa menyebabkan keringat yang bau. Terutama keringat di ketiak, meskipun bagian tubuh lain juga bisa memproduksi keringat dengan bau kurang sedap itu.

2. Bau badan amis

Ilustrasi.

Jika bau badan kamu amis, bisa saja kamu menderita gangguan yang disebut Fish Odor Syndrome atau Trimethylaminuria. Bau amis seperti ikan busuk ini akan adalah dalam urin, keringat, dan nafas orang yang menderita gangguan ini yang disebabkan oleh ekskresi berlebihan karena trimethylaminuria. Sayangnya, gangguan ini bersifat genetis, dan gejalanya  dapat terdeteksi sejak lahir. Penyebab lain dari bau amis dapat terjadi sebagai akibat dari kelebihan protein dalam makanan atau dari keberadaan bakteri tertentu. Bau badan amis ini bisa diobati dengan serangkaian perawatan, seperti antibiotik dan losion asam khusus, dan juga diet khusus.

3. Bau badan manis

Bau badan yang manis bisa jadi tanda dari diabetes. Bau manis atau seperti buah-buahan di tubuh disebabkan oleh tingginya tingkat keton dalam aliran darah. Jika urin kamu memiliki aroma spesifik seperti ini, bisa jadi karena gejala dari penyakit urin sirup maple. Ganguan metabolisme ini menyebabkan tubuh tidak mampu untuk memecah asam amino valin, leusin, dan isoleusin.

4. Bau badan seperti telur busuk

Ilustrasi.

Hal ini bisa jadi pertanda kalau kamu terlalu banyak makan daging. Daging merupakan prosuk yang memperberat kerja sistem pencernaan. Itulah mengapa orang-orang yang mengonsumsi daging setiap hari bisa saja memiliki bau badan seperti telur busuk. Bau seperti telur busuk ini disebabkan oleh kandungan belerang yang cukup tinggi – termasuk kandungan asam amino dalam daging – terutama daging merah. Asam amino memang tidak memiliki efek buruk, namun perlu dicerna dengan baik.

5. Bau badan pahit

Hal ini bisa menjadi tanda kalau kamu mengalami masalah di organ hati. Kerja organ hati yang lamban menghasilkan berbagai senyawa dengan bau yang khas, dan pastinya akan memengaruhi bau badan kamu. Salah satu ciri hati yang bermasalah adalah adanya gejala seperti gangguan pencernaan dan mual.

6. Bau badan asam dan berkeringat terlalu banyak

Ilustrasi bau badan.

Jika hal ini terjadi, kamu perlu melakukan pemeriksaan untuk hiperhidrosis, yang merupakan gangguan keringat berlebih. Meskipun sistem saraf, endokrin, dan penyakit sistemik lainnya dapat menyebabkan hiperhidrosis, tapi kebanyakan kasusnya dialami oleh orang yang sehat. Panas dan emosi dapat menjadi pemicu hiperhidrosis, tapi banyak juga orang yang mengalami hal ini pada saat bangun tidur – bahkan ketika sedang berada di suhu normal dan tanpa stres apapun.

BRIGHT SIDE

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments