hero
(YOUTUBE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

4 Juni 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Sering enggak sih kamu merasa sangat ngantuk dan sulit berkonsentrasi di tengah hari? Biasanya segelas kopi menjadi salah satu cara paling ampuh untuk melawannya.

Nah, ternyata enggak harus selalu dengan kopi lho. Ada beberapa trik untuk "membangunkan" otakmu agar kembali fokus. Berikut beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk membantu melawan kantuk seperti dilansir Brightside.

1Memercikkan air dingin ke wajah

Memercikkan air dingin ke wajah. (BRIGHTSIDE)

Ketika kelopak mata mulai terasa berat, ambil beberapa genggam air dingin, dan percikan ke wajahmu. Ini adalah trik bagus untuk membangunkan diri dan tetap bersemangat.

Cara lain adalah dengan menyimpan es di freezer. Kapanpun kamu merasa mulai lamban dan kurang fokus, taruh es di bagian belakang leher.

2Menyiram pergelangan tangan dengan air dingin

Menyiram pergelangan tangan dengan air dingin. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu enggak mau merusak riasan make up dengan memercik air ke wajah, kamu bisa mencoba teknik serupa. Yaitu menyiramkan air ke pergelangan tanganmu.

3Memijat telinga

Memijat telinga. (BRIGHTSIDE)

Ini adalah teknik legendaris para biksu untuk menghindari kantuk saat bermeditasi. Cobalah cubit cuping telinga kamu dengan untuk menekan titik aktif yang dapat membangunkanmu.

4Menguap dengan paksa

Menguap dengan paksa. (BRIGHTSIDE)

Menguap adalah cara alami untuk mendinginkan otak. Saat merasa lelah atau bosan, suhu otak naik, sehingga menguap adalah salah satu cara untuk mengatasi efek ini. Buatlah pengulangan menguap 7-10 kali secara paksa. Itu pasti akan membuat otak bingung dan terbangun.

5Menegangkan otot

Menegangkan otot. (BRIGHTSIDE)

Coba lakukan gerakan push up sebanyak 20 kali. Atau cobalah untuk melakukan gerakan lain yang dapat menegangkan otot tubuh sekeras mungkin. Lakukan selama 30 detik agar efektif dan otak kembali terbangun.

 

BRIGHTSIDE| READER'S DIGEST| AOL

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments