hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

7 Maret 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Yoga memang dikenal sebagai latihan fisik yang punya segudang manfaat. Mulai dari melatih fleksibilitas dan kekuatan otot, hingga menjaga keseimbangan dan harmoni.

Namun, rupanya ada aspek lain dari yoga yang sangat penting bagi perempuan. Terutama untuk memengaruhi kerja sistem endokrin yang mengatur hormon dalam tubuh.

Lebih jauhnya, ada beberapa gerakan yoga yang dapat dipraktikan oleh para perempuan yang sulit hamil. Karena yoga ini bisa meningkatkan fertilitas, seperti dilansir dari Brightside.

1Setu Bandhasana

Setu Bandhasana. (BRIGHTSIDE)

Berbaringlah telentang di lantai, lalu perlahan tekuk kedua lutut untuk mengangkat badan dengan posisi kedua kaki tetap menapak pada lantai. Pastikan kedua lengan tetap berada di samping. 

Lalu tarik napas sambil mengangkat tubuh dan tahan pose itu selama 1-2 menit, sambil mengatur napas. Kembalikan ke posisi tubuh semula. Gerakan ini memicu darah mengalir ke organ-organ reproduktif.

2Viparita Karani

Viparita Karani. (BRIGHTSIDE)

Berbaringlah telentang, lalu regangkan kaki ke dinding sambil mendorong tubuh sedekat mungkin ke dinding. Bahu, lengan, dan tangan tetap menempel pada lantai.

Silakan letakkan bantal atau handuk di bagian punggung bawah agar lebih nyaman. Lalu tahan posisi ini dengan santai sambil mengatur napas. Pose ini dapat meregangkan bagian bawah tubuh, sambil mengalirkan darah ke area pelvis.

3Uttanasana

Uttanasana. (BRIGHTSIDE)

Pose ini bermanfaat untuk meningkatkan aliran oksigen ke seluruh sel tubuh. Menyeimbangkan sistem endokrin, dan meregangkan otot tubuh bagian bawah.

Berdirilah dengan kaki agak rapat, lalu tekuk lutut sedikit. Membungkuklah sampai kedua tangan dapat menyentuh lantai atau kakimu. Tahan pose ini selama mungkin sambil bernapas teratur.

4Supta Baddha Konasana

Supta Baddha Konasana. (BRIGHTSIDE)

Pose Asana ini membuka pinggul, mengencangkan paha bagian dalam, dan meningkatkan sirkulasi darah. Berbaringlah telentang di permukaan lantai, dan tekuk lutut sambil membuka paha ke samping, namun kedua kaki tetap menyatu.

Sambil menghela nafas, posisikan lengan naik ke atas kepala. Lalu tahan posisi ini selama 1-5 menit dan bernafaslah dengan teratur.

5Balasana

Balasana. (BRIGHTSIDE)

Duduklah dalam posisi berlutut dan rapat, lalu bungkukkan badan ke depan sambil membuang nafas, hingga keningmu berada sedekat mungkin dengan lantai. Rentangkan kedua lengan ke depan, tarik dan buang nafas secara teratur sambil menahan pose ini selama 1 menit.

6Bhujangasana

Bhujangasana. (BRIGHTSIDE)

Ambil posisi tengkurap di lantai, lalu sambil menarik napas. Angkat tubuh bagian atas dengan kedua lengan menopang di lantai. Tahan posisi ini selama 30 detik untuk meningkatkan aliran darah ke area pelvis dan menyeimbangkan hormon.

7Baddha Konasana

Baddha Konasana. (BRIGHTSIDE)

Pose ini membantu meningkatkan fleksibilitas pinggul dan paha dalam. Ini juga dapat mempermudah proses lahiran bagi ibu hamil yang secara reguler mempraktikkannya.

Duduk di lantai dengan melipat kedua kaki, satukan kedua kaki sambil menariknya lebih dekat ke area pelvis. Hela nafas sambil menekan kedua lutut ke lantai. Tahan posisi ini 1-2 menit sambil bernapas teratur.

8Shavasana

Shavasana. (BRIGHTSIDE)

Lakukan gerakan ini sehabis mempraktikkan seluruh gerakan tadi. Ini adalah gerakan yang sederhana namun sangat bagus untuk keseimbangan tubuh dan pikiran.

Berbaringlah di lantai dengan lengan terentang sesantai mungkin. Tarik dan buang nafas sambil memikirkan hal-hal yang positif selama 10-15 menit.

 

BRIGHTSIDE| NCBI| NATURALFERTILITY.COM

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments