hero
(SHARED)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

21 Februari 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Praktik akupresur kuno yang berasal dari Cina dikenal dapat membantu masalah kesehatan yang menyebalkan. Seperti sakit kepala, batuk, dan pilek akibat flu, serta kelelahan.

Itu sebabnya, jangan dulu gegabah menenggak obat-obatan tanpa resep dokter. Selama masalah kesehatan yang kamu derita belum begitu signifikan. Dilansir dari Brightside, berikut ada 11 titik pada tubuh untuk melakukan teknik akupresur yang dapat menyembuhkan tubuh dan pikiran secara alami.

1Feng chi

T itik feng chi. (BRIGHTSIDE)

Genggam tangan dengan saling mengaitkan jari. Kemudian gunakan ibu jari untuk menekan ke titik tengkorak kepalamu. Pijat dan stimulasi area ini selama 4-5 detik. Titik ini direkomendasikan saat kamu merasa sakit kepala, migrain, kelelahan, atau mengalami gejala flu.

2Jian jing

Titik jian jing. (BRIGHTSIDE)

Titik ini terletak di ujung kedua bahu. Kamu bisa memijatnya dengan memberi tekanan ke arah bawah pada kedua titik tersebut menggunakan jari telunjuk atau ibu jari. Pijat titik ini selama 4-5 detik untuk meredakan otot leher yang kaku, tegang pada bahu, dan sakit kepala kronis sehari-hari.

3San yin jiao

Titik san yin jiao. (BRIGHTSIDE)

Letakan 4 jari di atas titik tertinggi pergelangan kakimu. Berikan tekanan kuat pada titik ini dan pijat selama 4-5 detik. Ini berguna bagi perempuan yang sedang mengalami kram perut karena menstruasi, sakit pinggang, hingga insomnia. Tapi ingat, ibu hamil enggak disarankan melakukan akupresur pada titik ini.

4Zhong zhu

Titik zhong zhu. (BRIGHTSIDE)

Titik ini terletak di belakang buku-buku jarimu, antara jari manis dan kelingking. Tekan kuat titik ini sambil memijat selama 4-5 detik. Akupresur ini untuk mengurangi sakit kepala yang muncul tiba-tiba, nyeri bahu, otot leher yang tegang, dan nyeri pada punggung bagian atas.

5Zu san Li

Titik zu san li. (BRIGHTSIDE)

Titik akupresur ini terletak di sisi yang menghadap ke luar kaki, sekitar 4 jari lebarnya dari bagian bawah tempurung lututmu. Tekan dan pijat otot pada area titik ini sekitar 4-5 detik, ketika kamu mengalami rasa lelah dan stres berlebih, atau memiliki masalah pada pencernaan.

6Nei guan

Titik nei guan. (BRIGHTSIDE)

Letakan 4 jari di bawah bagian dalam pergelangan tanganmu. Di situlah titik akupresur untuk mengatasi rasa mual saat hamil, mual karena mabuk, dan sakit kepala. Pijat titik ini perlahan selama 4-5 detik.

7Shou san li

Titik shou san li. (BRIGHTSIDE)

Titik ini terletak pada permukaan luar lengan bawah. Di bawah lipatan siku selebar 3 jari saat siku ditekuk 90°. Pijat area ini selama 4-5 detik karena dapat mengurangi kaku pada leher, nyeri pada bahu, dan diare.

8He gu

Titik he gu. (BRIGHTSIDE)

Pijatlah titik yang terletak di antara pangkal ibu jari dan jari telunjuk selama 4-5 detik. Rangsangan pada titik ini dapat meredakan sakit kepala, sakit leher, sakit gigi, dan stres. Jangan lakukan jika kamu sedang hamil karena ini bisa memicu induksi. 

9Tai chong

Titik tai chong. (BRIGHTSIDE)

Titik Tai Chong terletak pada punggung kaki sekitar 2 jari lebarnya di bawah pangkal jari telunjuk dan ibu jari kaki. Pijatan kencang pada area ini selama 2-3 detik berpengaruh pada tekanan darah tinggi, kram menstruasi, sakit punggung belakang, dan sakit kepala.

10Yin tang

Titik yin tang. (BRIGHTSIDE)

Pijatlah titik yang berada pada dahimu, persis di antara kedua ujung dalam alis. Pijat selama 1 menit dengan lembut. Dan ulangi beberapa kali dalam seminggu untuk membantu mengurangi stres, mata tegang, sakit kepala, hidung tersumbat, dan insomnia.

11Lao gong

Titik lao gong. (BRIGHTSIDE)

Titik ini terletak di bagian tengah telapak tangan. Tekan titik tersebut untuk menstimulasi selama 2-3 detik. Ulangi beberapa kali dalam seminggu. Akupresur pada titik ini berguna untuk meredakan demam ringan dan rasa panik berlebih.

 

 

BRIGHTSIDE| ASIAONE| HEALTH CMI

10

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments