hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

18 Februari 2018, 15:00 WIB

KOREA SELATAN

Sudah bukan jadi rahasia lagi kalau untuk bisa jadi K-Pop Idol enggak mudah. Sebelum bisa debut sebagai idol, seseorang harus menjalani masa trainee atau pelatihan yang nggak mudah dan sebentar. Diperlukan bertahun-tahun usaha dan kegigihan agar para trainee ini bisa mewujudkan mimpi mereka menjadi seorang idol. Tahapan yang para trainee sebelum debut ini lalui pun enggak sedikit.  Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang para trainee lalui agar bisa debut menjadi idol terkenal.

1. Pelatihan sebelum audisi

Semuanya berawal dari pelatihan! Dengan ketatnya persaingan, para calon trainee ini harus menjadi yang terbaik agar bisa dilihat pada saat audisi. Mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun di akademi dan rumah untuk mempersiapkan diri. Kalau benar-benar beruntung, mereka mungkin saja diajak langsung untuk ikut audisi.

2. Audisi

Biasanya mereka mulai audisi di usia sangat belia. (KOREA BOO)

Ketika sudah merasa percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, hal selanjutnya adalah mengikuti audisi. Pergi dari satu perusahaan ke perusahaan lain dan melakukan audisi berulang kali. Buan hal yang aneh kalau seorang anak berpartisipasi di lebih dari 30 audisi agar bisa diterima disuatu perusahaan agensi.

3. Tanda tangan kontrak

Tahap trainee antara 2 hingga 4 tahun. (KOREA BOO)

Setelah lulus tahap audisi, mereka akan ditawari kontrak sebagai trainee selama 2 hingga 4 tahun. Tapi kontrak ini bukan jaminan kalau mereka bisa debut. Kontrak ini hanya sebagai tanda kalau mereka diterima di agensi tersebut untuk berlatih sebagai trainee. Kontrak seperti ini merupakan asal dari tim rookie, seperti SM Rookies atau JYP Trainee terbentuk.

4. Pelatihan yang ketat

Seorang trainee jalani latihan ketat. (KOREA BOO)

Para trainee menjalani pelatihan yang intens dalam hal bernyanyi, menari, akting, bahasa, dan berbagai pelatihan lain. Di saat yang sama para trainee ini juga berkompetisi satu sama lain untuk merebut perhatian dan sorotan. Hanya sebagian sebagian kecil trainee yang kemudian akhirnya berhasil dan ditawarkan kontrak sebagai artis. Beberapa trainee lainnya akan tetap menjalani pelatihan bertahun-tahun sebelum akhirnya mereka mendapatkan kesempatan untuk debut.

5. Berhenti dari sekolah

Banyak calon idol yang harus merelakan sekolahnya. (KOREA BOO)

Bagi trainee yang tidak sekolah (atau memilih untuk berhenti sekolah untuk fokus pada karir), kegiatan siang hari mereka akan berlangsung selama 15 jam, dari pukul 10 pagi hingga 10 malam dengan jam latihan tambahan hingga malam hari. Jika tidak sepenuhnya berhenti sekolah, mereka biasanya melakukan homeschooling atau menghabiskan sebagian besar waktu dalam satu tahun di luar kelas.

6. “Pekerjaan Rumah” tambahan

Latihan wajib, makanan yang diatur, dan aturan berat badan diterapkan untuk menjaga para trainee tetap memiliki kriteria tubuh ‘idol’. Sementara itu, pendidikan seksual dan pendidikan etika juga diberikan di atas jadwal latihan reguler.

7.Menyadari kesempatan rendah

Enggak semua trainee bisa debut dan terpilih tampil jadi idol. (KOREA BOO)

Terlepas dari pelatihan yang ketat ini, sangat sedikit yang akhirnya berhasil. Persentase trainee yang berhasil dan akhirnya bergabung dengan sebuah grup dan akhirnya debut sangatlah kecil. Pihak agensi hanya memilih trainee favorit mereka untuk didebutkan dalam sebuah grup.

8. Debut

Ketika akhirnya berhasil debut setelah bertahun-tahun persiapan keras, hal ini sebenarnya adalah tingkatan lain dari kompetisi. Dengan banyaknya grup, para idol ini harus bekerja lebih keras agar grup mereka bisa diketahui dan dikenal publik.

Kalau yang terjadi sebaliknya, para idol ini bisa saja harus menjalani masa pelatihan ulang dan melalui program debut ulang. Contoh program debut ulang yang terkenal, seperti Produce 101, MIX NINE, atau The Unit. 

9. Meraih Ketenaran

Ketenaran pun di depan mata. (KOREA BOO)

Grup idol yang sukses akan merasakan ketenaran yang luar biasa. Mereka akan mendapatkan banyak kontrak , rumah dan kemewahan lainnya yang datang bersamaan dengan karir K-Pop mereka yang semakin melonjak. Mereka akan mengadakan konser dan merasakan tour di berbagai tempat.Pada akhirnya mimpi mereka untuk menjadi K-Pop idol terkenal pun bisa terwujud.

KOREA BOO | SOOMPI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments