hero
(TIME)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

16 Februari 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Semarak perayaan Imlek alias Tahun Baru China semakin terasa dengan banyaknya ornamen serba merah dan emas di berbagai tempat. Bagi yang merayakannya sebagai tradisi, tentu saja hari raya Imlek akan menjadi ajang berburu angpao dari sanak saudara yang dikunjungi.

Namun, enggak cuma angpao, Imlek juga bisa jadi momen untuk merasakan suasana perayaan yang khas di negara-negara lain. Ini dia tradisi Imlek di 5 negara berikut ini.

1Pusat perkotaan, Sydney

Pusat perkotaan, Sydney. (CNN)

Sydney adalah salah satu rumah bagi populasi Cina di luar negeri yang terbesar. Dan kota ini terbilang total dalam berhias diri untuk menyambut Tahun Baru Imlek.

Banyak ikon kota, di antaranya Sydney Harbour Bridge, yang dihiasi lampu-lampu berwarna merah terang selama festival berlangsung. Kembang api diluncurkan pada hari pertama festival dan lampion dalam bentuk tanda zodiak Cina akan dipasang di setiap sudut kota.

 

2Quang Ba Flower Market, Hanoi, Vietnam

Quang Ba Flower Market, Hanoi, Vietnam. (HANOI CITY BREAKS)

Salah satu tradisi wajib untuk merayakan Tahun Baru Imlek di Vietnam adalah seikat bunga. Biasanya warga mencari karangan bunga yang paling eye catching. Seperti bunga kuning cerah di pasar bunga Quang Ba Hanoi yang sangat ramai dan terkenal.

Jangan heran melihat pemandangan kota di mana kebanyakan orang membawa seikat bunga yang cerah di atas pangkuan mereka. Di tengah deru sepeda motor selama masa Imlek.

3Sha Tin Racecourse, Hong Kong

Sha Tin Racecourse, Hong Kong. (CNN)

Menguji peruntungan lewat permainan judi sudah menjadi tradisi yang begitu melekat di Hong Kong. Dan perayaan Imlek sering menjadi momentum bagi kebiasaan ini. Diadakan pada hari ketiga Festival Musim Semi, Chinese New Year Race yang diselenggarakan di Sha Tin Racecourse adalah salah satu hari perlombaan balap kuda paling populer sepanjang tahun.

Kalau kamu bukan penggemar balap kuda, arena pacuan kuda bakal menyajikan pertunjukan atraksi. Hingga ceramah dari Master Feng Shui soal keberuntungan tahun ini. 

4Studio City, Macau

Studio City, Macau. (THUNEVINBLOG)

Macau dikenal sebagai Las Vegasnya Asia. Namun, kota ini telah meningkat menjadi tempat hiburan ramah keluarga dalam beberapa tahun terakhir.

Studio City adalah salah satunya, yaitu resor terpadu terbaru dengan banyak permainan. Serta dilengkapi dengan simulator naik Batman 4D. Dan pusat hiburan bertema Warner Bros seluas 40.000 kaki persegi.

Ada juga emas raksasa yaitu delapan roda Ferris yang terletak di gedung pencakar langit Studio City. Angka delapan dalam bahasa Cina memiliki arti khusus karena kata tersebut memiliki pengucapan serupa dengan kata "kekayaan".

5Maggie Choo's, Bangkok

Maggie Choo's, Bangkok. (THAI FASHION DESIGN)

Maggie Choo's merupakan sebuah bar bertema Shanghai tahun 1930-an yang terletak di jantung kota Bangkok, yaitu Yaowarat alias kawasan penduduk Cina. Tempat ini merupakan pilihan tepat untuk merayakan Festival Musim Semi alias Imlek secara berkelas.

Bertempat di ruang bawah tanah Hotel Novotel Bangkok Fenix Silom, bar dilengkapi pintu masuk kayu yang bersahaja, kamar pribadi, dan pencahayaan yang redup. Sesuai dengan suasana bar vintage, yang diiringi alunan live music sepanjang malam di hari perayaan Tahun Baru Cina. 

 

CNN| MACAU NEWS| VIETNAMNET BRIDGE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments