hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

13 Februari 2018, 06:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Menjelang Valentine, kita bakal menemukan banyak ornamen seperti lambang cinta berbentuk love, bunga mawar, Cupid yang menjadi simbol kasih sayang. Mungkin kamu juga memilih simbol-simbol tersebut sebagai hadiah buat orang tersayang. Tapi kamu sudah tahu belum, kenapa hal-hal tersebut jadi lambang yang dominan di hari Valentine? Berikut fakta-faktanya:

1. CUPID, SI MALAIKAT CINTA

Dalam bahasa Latin, Cupid dikenal juga dengan nama Amor atau Love. Dalam mitologi Yunani, dia disebut sebagai anak dari Dewi Cinta Venus dan Dewa Perang Mars. Sosoknya digambarkan mungil, bersayap kecil dan membawa panah yang ditujukan ke orang-orang. Oleh karena itu, orang yang sedang jatuh cinta sering disebut ‘terkena panah Cupid’.

2. LAMBANG HATI, SIMBOL CINTA

Lambang hati diasosiasikan dengan sumber pengetahuan dan emosi. Masyarakat Mesir kuno bahkan menyertakan organ hati saat proses pengawetan jenazah atau mumifikasi. Pendapat ini tetap bertahan hingga di abad ke-11 banyak sastrawan Eropa yang memakai kata ‘heart’ dalam puisinya. Sampai sekarang, hati jadi simbol yang menggambarkan perasaan sayang dan cinta seseorang.

3. BUNGA DAN CAKE DI HARI KASIH SAYANG

Selain kartu ucapan berisi kata-kata romantis, buket bunga dan cake, sering jadi kado pilihan di hari Kasih Sayang. Cake dan cokelat biasanya dipakai orang-orang untuk merayakan hari bahagianya. Rasa yang manis dinilai cocok untuk melengkapi perasaan senang yang mereka rasakan.

Sementara bunga, khususnya bunga mawar, sudah sejak lama menjadi simbol cinta. Bunga ini disebut sebagai bunga favorit Dewi Cinta, Venus. Budaya memberikan bunga mawar awalnya dilakukan oleh orang-orang Victorian. Saat ini setidaknya ada lebih dari 500 juta bunga mawar yang diberikan sebagai hadiah Valentine.

4. UCAPAN KASIH SAYANG LEWAT KARTU VALENTINE

Sebelumnya, ucapan Valentine sering dibuat seseorang lewat tulisan tangan. Kartu Valentine pertama yang terdokumentasi dibuat oleh Charles, Duke of Orleans pada tahun 1415. Kartu tersebut dibuat oleh Charles saat ia dipenjara dan ditujukan untuk istrinya di Tower of London.

Kemudian di tahun 1913, produsen kartu Hallmark di Kansas City, mulai memproduksi kartu ucapan secara massal. Dengan kata-kata dan desain menarik, produk mereka jadi favorit banyak orang. Sampai sekarang, ada jutaan kartu Valentine yang diproduksi dan dibeli orang dari seluruh dunia.

Nah, buat yang ingin menyatakan cinta kepada seseorang, kamu bisa dengan mengikuti kompetisi 'Katakan Cinta ala Kamu' yang diadakan oleh NET.CJ bersama Indonesia Morning Show. Caranya gampang banget, simak uraiannya di bawah ini:

 

THE TELEGRAPH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments