hero
(INSTAGRAM/ intanwidyananda)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

12 Februari 2018, 15:00 WIB

MALUKU, INDONESIA

Gerbang selamat datang di Kota Piru, Ibu Kota Kabupaten Seram bagian Barat. (NET.CJ/ Sigit)

Bagi sebagian besar masyarakat, nama Kota Piru mungkin agak asing dan jarang terdengar. Tetapi Ibu Kota Kabupaten Seram bagian Barat ini siap memanjakan mata kamu, dengan modal yang cukup hemat.

Keindahan alam di Piru, Ibu Kota Kabupaten Seram bagian Barat. (NET.CJ/ Sigit)

Ya, berlokasi sekitar 4 jam perjalanan laut dan darat dari Ambon, Kota Piru punya beberapa opsi lokasi wisata yang bisa dieksplor sepuasnya. Setelah menyeberang ke Pulau Seram menggunakan kapal Ferry selama 1 jam, perjalanan darat menggunakan sepeda motor selama 2 jam bakal lebih mudah sekaligus murah. Berikut ini beberapa pilihan destinasi wisata setibanya kamu di Kota Piru.

1Pulau Osi

Pulau Osi. (INSTAGRAM/ dewiisasmithaa)

Pulau Osi ini terdiri dari beberapa pulau yang tersambung oleh beberapa jembatan kayu. Secara keseluruhan, luas pulau hanya sekitar 9 hektare. Namun menyimpan potensi hasil laut yang begitu besar. Pemandangan di kawasan ini berupa gugusan pulau – pulau kecil yang indah, hutan bakau, pasir putih, dan beberapa satwa liar.

Pulau Osi. (NET.CJ/ Sigit)

Pantai di pulau Osi diselimuti oleh hutan bakau, dan merupakan laut dangkal yang akan terlihat gundukan pasir putih luas apabila air surut. Di kawasan pulau, tersedia beberapa resort yang bisa disinggahi, mulai dari harga Rp150 ribu-Rp500 ribu per malam.

Pulau Osi. (INSTAGRAM/ githamakassar)

 

2Air Putri

Air Putri adalah mata air yang berada tepat di pinggir pesisir pantai. Oleh karena itu, air tawar yang keluar dari mata air membentuk sebuah laguna dan bercampur dengan air laut yang asin dan hangat pada satu titik.

Air Putri. (NET.CJ/ Sigit)

Kondisi geografis Air Putri sangatlah unik, sebuah laguna yang terletak menjorok ke daratan. Dan membentuk sebuah sungai yang berakhir di lautan nan luas. Pantai, laguna, sungai, air asin, air tawar dan pepohonan yang teduh menjadi satu di wilayah di Air Putri ini.

3Air Terjun Lumoli

Salah satu air terjun yang sangat terkenal di Maluku adalah Air terjun Lumoli. Yang sangat cantik dan sangat alami karena berada di dalam hutan rimba yang masih sangat asri.

Air Terjun Lumoli. (INSTAGRAM/ io_lendemere10)

Ada sekitar 3 level tebing di air terjun ini, yakni level paling bawah yaitu di lokasi Air Terjun Lumoli. Level kedua naik sedikit ke arah hulu sungai yang posisinya lebih tinggi lagi. Dan level ketiga adalah tingkat yang paling tinggi namun curahan air terjunya enggak terlalu deras dan besar.

Air Terjun Lumoli. (NET.CJ/ Sigit)

Air Terjun Lumoli masih belum dikelola pemerintah atau masyarakat setempat. Jadi belum ada biaya atau tiket resmi yang perlu dikeluarkan.

 

NET.CJ SIGIT KRISTIYANTO

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments