hero
Deklarasi Forum Pemred. (NET/Dede Apriadi)

EDITOR : REZA ADITYA

9 Februari 2018, 18:20 WIB

SUMATERA BARAT, INDONESIA

Forum Pemimpin Redaksi membuat deklarasi menyikapi pemilihan kepala daerah serentak 2018 dan pemilihan umum 2019. Hasil deklarasi itu dikukuhkan di Padang pada Kamis, 8 Februari 2018 di sela Hari Pers Nasional.

Total ada enam poin hasi deklarasi itu. Forum meyakini bahwa demokrasi adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Bentuk demokrasi yang terwujud dalam pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum harus menghasilkan pilihan terbaik.

"Agar tujuan kesejahteraan bisa dicapai," demikian pernyataan Forum Pemred. "Dan Pers bertugas untuk terus berupaya mendorong agar demokrasi menghasilkan orang terbaik untuk negeri ini.

Berikut enam poin hasil deklarasi Forum Pemimpin Redaksi.

1Komitmen Sukseskan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019

Forum Pemred. (NET/Dede Apriadi)

 

Dalam pernyataannya, Forum berkomitmen untuk menyukseskan dua pesta rakyat yang sedianya akan berlangsung secara berdekatan itu. Forum mendukung pemilihan kepala daerah dan presiden serta legislatif diselenggarakan dengan mandiri.

Serta jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, transparan, proporsional, profesional, efisien, efektif, dan dapat dipertanggungjawabkan.

2Junjung Tinggi Kode Etik

Forum Pemred. (NET/Dede Apriadi)

Forum dalam deklarasinya menjunjung kode etik jurnalistk, profesionalisme, profesi, serta menjaga norma kesantunan dalam meliput, dan menulis berita terkait pesta rakyat itu. Khususnya, tugas jurnalistik pada umumnya.

3Tetap Objektif

Forum Pemred. (NET/Dede Apriadi)

 

Forum memegang teguh objektivitas pemberitaan, serta menghormati dan memberikan porsi yang sesuai kepada semua peserta pemilihan kepala daerah 2018 dan pemilihan umum 2019.

4Percaya kepada Penyelenggara Pilkada dan Pemilu

KPU. (ANTARA)

 

Forum juga percaya bahwa penyelenggara Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 serta semua elemen terkait akan melaksanakan tugasnya dengan profesional, jujur, dan adil demi kemaslahatan bangsa.

5Mengimbau Kompetesi Secara Sehat

(ANTARA)

 

Deklarasi poin kelima ini ditekankan Forum untuk semua peserta Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 agar berkompetisi secara sehat. Selain itu, Forum mengimbau untuk menghindari kampanye negatif, disinformasi, ataupun pengguna isu-isu SARA.

Forum lebih lanjut berkomitmen akan mengedepankan program konstruktif untuk mencerdaskan dan membangun bangsa.

6Seruan Damai dan Toleran

Ilustrasi kedamaian. (PIXABAY)

 

Di poin terakhir, Forum mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk berpartisipasi secra damai, tertib dan toleran dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments