hero
(ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

3 Februari 2018, 12:30 WIB

JAMBI, INDONESIA

Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola tersangka rasuah. Zumi diyakini memanfaatkan posisinya untuk menerima hadiah atau janji terkait berbagai proyek di daerahnya.

Prestasi dan popularitas gubernur yang menjabat sejak 12 Februari 2016 itu meredup karena ulahnya sendiri. Sebelum menjadi pejabat, Zumi mengawali ketenarannya sebagai pesinetron.

BACA JUGA

NET.Z pada Sabtu, 3 Februari 2018 merangkum lima fakta tentang Zumi Zola dari menjadi selebriti hingga menjabat sebagai pejabat publik di Pulau Sumatera. Berikut rinciannya.

1 Mantan Pemain Sinetron

Zumi membangun ketenarannya dengan menjadi pemain sinetron pada tahun 2004. Beberapa judul opera sabun yang pernah dibintanginya antara lain Tersanjung 6, Kehormatan 2 dan Cecep.

Zumi Zola. (NET)

 

Di tahun yang sama, dia juga menjadi aktor layar lebar berjudul Di Sini Ada Setan. Karier keartisannya terus menanjak. Dia dipercaya memainkan peran di banyak judul sinetron dan film sampai tahun 2010.

 

2Anak Seorang Pejabat Daerah

Mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin. (ANTARA)

 

Pria kelahiran 31 Maret 1980 itu merupakan anak pertama mantan Gubernur Jambi ke-6 Zulkifli Nurdin. Zulkifli menjabat jadi orang nomor satu di Jambi periode 1999-2004 dan 2005-2010.

3Jadi Politikus

Zumi Zola (kanan) bersama kader PAN di DPW Jambi. (ANTARA)

 

Tahun 2010 merupakan musim terakhir Zumi menjadi pelakon. Dia memutuskan hijrah dan terjun ke dunia politik. Di tahun itu, lulusan London Metropolitan University tersebut menjabat sebagai Ketua DPD Partai Amanat Nasional Tanjung Jabung Timur.

4Awal Karier Jadi Pejabat Publik

Tak lama berselang setelah menjabat sebagai Ketua DPD PAN , Zumi mencoba peruntungan dengan maju sebagai calon Bupati Tanjung Jabung Timur. Dia menggaet Ambo Tang sebagai wakilnya. 

Atas popularitasnya, Zumi dan Ambo terpilih sebagai pimpinan kabupaten dengan populasi 205.272 jiwa itu. Inilah awal karier Zumi menjadi pejabat publik.

Zumi Sola saat menjabat sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur. (http://tanjabtimkab.go.id/)

 

Di pemilihan kepala daerah serentak 2015, Zumi berupaya mengikuti jejak ayahnya untuk maju sebagai Gubernur Jambi. Dia menggandeng Fachrori Umar.

Pencalonannya itu diusung beberapa partai antara lain PAN, NasDem, Golkar, Hanura, PKB, PBB dan PPP. Zumi-Fachrori menang dan dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada 12 Februari 2016 sebagai Gubernur Jambi.

5Tersangkut Korupsi

Baru juga menjabat kurang dari dua tahun, Zumi ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia dituding terima hadiah atau janji terkait beberapa proyek di Jambi.

Kasus yang menjerat Zumi merupakan pengembangan dari hasil operasi tangkap tangan yang dilakukan Komisi pada November 2017. Pada saat itu, KPK menangkap empat orang yang diyakini sedang melakukan transaksi suap.

Gubernur Jambi Zumi Zola menunggu untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK pada 5 Januari 2018. (ANTARA)

 

Mereka yang dicokok adalah anggota DPRD Jambi Supriyono; Plt Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik; Plt Kadis PUPR Jambi Arfan; dan Asisten III Bidang Administrasi ata‎u bagian umum Pemprov Jambi, Saifudin. 

Dalam operasi tangkap tangan itu, KPK menemukan duit senilai Rp 4,7 miliar. Duit itu diyakini akan diberikan kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk memuluskan proses pengesahan APBD. 

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments