hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

4 Juli 2018, 16:05 WIB

INDONESIA

Dalam industri perfilman, istilah remake tak asing lagi, yaitu membuat ulang film yang sebelumnya pernah dirilis ke pasaran. Hal ini dilakukan agar para penikmat film dapat menonton kembali film favoritnya, sekaligus mendulang keuntungan kembali bagi si pembuat film.
 
Bicara tentang film remake, sudah tau belum kalau film-film ini ternyata lebih sukses daripada versi jadulnya loh? Atau jangan-jangan kamu enggak tau kalau film-film ini adalah hasil remake.
 

 

1. 'King Kong'.

Film 'King Kong' pertama kali ditayangkan pada 1933. Film yang disutradarai oleh Merian C. Cooper tersebut terbilang sukses pada jamannya.

'King Kong' (2005). (IMDB)

Seiring perkembangan teknologi, pada 2005, sutradara Peter Jackson membuat film remake-nya dan mendapatkan sambutan positif dari para pencinta film. Hal ini terlihat dari chart Box Office. Remake film 'King Kong' berhasil menempati peringkat dua besar selama dua minggu berturut-turut.

2. 'It'.

Masih dari dunia perfilman Hollywood, ada juga film bergenre horor berjudul 'It' yang merupakan hasil adaptasi dari novel karya Stephen King.  Di tahun 1990, Tim Curry yang berperan sebagai Pennywise, sang badut menyeramkan berhasil membuat banyak orang yang menonton takut akan sosok badut.

'It' (2017). (IMDB)

Pada September 2017, film 'It' kembali diproduksi dan disutradari oleh Andres Muschietti dengan menampilkan Bill Skarsgård sebagai pemeran badut Pennywise. Film ini sukses dan dibuat lebih seram dari versi aslinya. Bahkan dalam tiga hari penayangannya, film ini sudah meraup keuntungan sebesar Rp 1,3 triliun.

3. 'Ini Kisah Tiga Dara'.

Beralih ke film dalam negeri. Di tahun 2016, Nia Dinata sang sutradara berhasil merilis sebuah film yang terinspirasi dari film yang melegenda di tahun 1956, yaitu 'Tiga Dara'.

'Ini Kisah Tiga Dara' (2016). (IMDB)

'Ini Kisah Tiga Dara' mendapat sambutan positif dari penikmat film tanah air. Apalagi film bergenre drama musikal tersebut dibuat lebih modern dan menampilkan sisi perempuan yang lebih lucu.

4. 'Pengabdi Setan'.

Siapa sih yang enggak tau film yang fenomenal di tahun 2017 ini? Yup, film 'Pengabdi Setan' awalnya dibuat tahun 1980. Film tersebut berhasil menjadi box office fenomenal pada masanya dan dinobatkan sebagai film Indonesia terseram versi majalah Rolling Stone.

'Pengabdi Setan' (2017). (IMDB)

Pada 2017, Joko Anwar terpilih sebagai sutradara untuk me-remake film 'Pengabdi Setan'. Film ini kembali sukses di pasaran dan berhasil meraih beberapa penghargaan. Film remake 'Pengabdi Setan' bahkan sampai ditayangkan di luar negeri. 

5. 'Galih dan Ratna'.

Film 'Galih dan Ratna' merupakan film remake dari 'Gita Cinta dari SMA' yang tayang pada 1979. Film diadaptasi langsung dari novel dengan judul yang sama dari sang penulis Eddy D. Iskandar.

Galih dan Ratna (2017). (IMDB)

Film aslinya menampilkan Rano Karno sebagai pemeran Galih dan Yessi Gusman sebagai Ratna. Film mengisahkan hubungan cinta antara keduanya, namun tidak disetujui oleh ayah Ratna. Di tahun 2017, film 'Galih & Ratna' kembali menghadirkan persoalan cinta yang sama. Bedanya kedua pasangan ini berusaha meraih mimpi mereka bersama.
 
E NEWS | IMDB

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments