hero
Whittier, kota di dalam gedung, Alaska. (YOUTUBE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

20 Januari 2018, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Setiap kota di dunia pasti punya ciri khas dan keunikannya masing-masing. Namun, beberapa kota berikut ini bisa dibilang sangat enggak biasa dan pastinya membuat banyak orang penasaran untuk berkunjung. 

1Kota di mana jasad seseorang akan sulit terurai

Kota di mana jasad seseorang akan sulit terurai. (BRIGHTSIDE)

Kota Longyearbye, Svalbard, adalah kota yang terletak di ujung utara. Merupakan kota di mana tubuhmu akan sulit mati.

Kok bisa? Ya, ternyata karena suhu dinginnya yang ekstrem, tubuh jenazah yang dikubur enggak akan bisa terurai dengan sempurna. Dan malah jadi makanan binatang buas. Sebab itu, orang-orang yang diperkirakan akan segera meninggal biasanya dipindahkan ke kota Norwegia dengan pesawat. 

2Satu kota dalam dua negara

Satu kota dalam dua negara. (BRIGHTSIDE)

Kota Busingen am Hochrhein adalah salah satu kota terunik yang terletak di dua negara berbeda. Pasalnya, kota ini adalah teritori Jerman, tetapi berada di dalam Swiss. Secara ekonomi, kota ini bagian dari Swiss. Namun, secara administratif, kota ini bagian dari Jerman.

Warga di kota ini menggunakan dua kode pos dan dua nomor telepon, masing-masing dari Jerman dan Swiss. Mata uang yang digunakan adalah mata uang Swiss yaitu franc. 

3Kota gua

Kota gua. (BRIGHTSIDE)

Kota Matmata di Tunisia Selatan adalah kota di mana hampir seluruh penduduknya tinggal di dalam rumah yang dibagun di dalam gua. Pada 1970-an, beberapa rumah dibangun di atas permukaan tanah.

Namun penduduk tetap lebih suka tinggal di rumah gua. Para fans film Star Wars pasti sadar, tempat ini adalah rumah Luke Skywalker loh. 

4Kota di dalam gedung

Kota di dalam gedung. (BRIGHTSIDE)

Seluruh Kota Whittier di Alaska ini terletak di dalam bangunan beratap setinggi 14 lantai. Di bangunan gedung ini terdapat kantor polisi, toko-toko, rumah sakit, dan gereja untuk beribadah bagi penduduknya yang hanya 220 orang.

Tujuan dibangunnya kota dalam gedung ini adalah untuk menghemat biaya pemanasan. Karena udara lingkungannya yang selalu dingin dan berangin. 

5Kota paling biru

Kota paling biru. (BRIGHTSIDE)

Tembok, pintu, tangga, dan hampir seluruh bagian dari Kota Chefchaouen di Moroko ini bernuansa kebiruan. Berdasarkan sejarah, dulu kota ini dibangun oleh orang Yahudi yang menganggap warna biru sebagai warna yang sakral. Meski sudah enggak dihuni orang-orang Yahudi, tradisi warna biru ini masih bertahan di Kota Chefchaouen. 

6Kota di laut terbuka

Kota di laut terbuka. (BRIGHTSIDE)

Neft Daslari atau ‘Oil Rocks’ adalah kota industrial yang ada di Azerbaijan. Kota ini terletak di atas lempengan besi yang dibangun di atas laut tempat penambangan minyak. Kota ini enggak berpenghuni, hanya ada sekitar 2 ribu pekerja yang datang bergiliran untuk bekerja di sini selama beberapa bulan. 

7Kota di dalam batu

Kota di dalam batu. (BRIGHTSIDE)

Kota Seteni de las Bodegas yang ada di Spanyol ini menjadi daya tarik bagi para turis dari seluruh dunia. Enggak heran, kota ini unik karena dibangun di dalam sebuah tebing batu yang sangat besar.

Dari beberapa bagian jalan di kota ini, kamu bisa melihat bebatuan besar menggantung di langit-langit. Unik banget buat foto-foto!

 

BRIGHTSIDE| THE GUARDIAN| HUFFPOST

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments