hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

17 Januari 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Semangat berolahraga yang masih membara di awal tahun memang enggak boleh disia-siakan. Kalau kamu bosan dengan olahraga yang itu-itu saja kayak gym atau lari, mungkin tahun ini saatnya kamu mencoba teknik yoga.

Jangan sepelekan olahraga yang penuh ketenangan ini. Karena dengan gerakan yang tepat, efek dari yoga enggak kalah efektif dengan jenis olahraga aktif lainnya lho. Seperti berikut ini yang telah dilansir dari Brightside.

1Bhujangasana atau gerakan kobra

Bhujangasana atau gerakan kobra. (BRIGHTSIDE)

Ambil posisi tengkurap. Kemudian luruskan lengan dengan telapak tangan menopang ke lantai, dan kaki lurus ke belakang. Perlahan, angkat tubuh bagian depan ke atas dan tahan posisi ini 25-30 detik. 

2Ustrasana atau gerakan unta

Ustrasana atau gerakan unta. (BRIGHTSIDE)

Berlututlah di lantai dan tarik punggung ke belakang sampai kedua tangan bisa menyentuh tumit kaki. Tahan pose ini sampai 1 menit lamanya. 

3Vasisthasana atau plank samping

Vasisthasana atau plank samping. (BRIGHTSIDE)

Lakukan pose tubuh menghadap ke lantai, lalu miringkan tubuh dengan satu tangan menopang dan tangan lainnya terangkat ke atas. Lakukan posisi ini selama 15-30 detik, lalu perlahan kembali ke posisi semula. 

4Paschimottana atau gerakan melipat ke depan

Paschimottana atau gerakan melipat ke depan. (BRIGHTSIDE)

Dalam posisi duduk di lantai, luruskan kedua kaki dan tekuk tubuh ke depan sampai wajahmu merapat ke kaki. Sampai kedua tangan bisa memeluk kedua kaki. Tahan pose ini selama 1 menit. 

5Savasana atau gerakan mayat

Savasana atau gerakan mayat. (BRIGHTSIDE)

Ini merupakan gerakan relaksasi yang harus dilakukan setiap 30 menit dalam sesi yogamu. Meski tampak mudah, gerakan ini sebenarnya sulit karena kamu harus bisa benar-benar rileks saat melakukan pose ini. 

6Parivrtta Parsvakonasana gerakan sudut berputar

Parivrtta Parsvakonasana gerakan sudut berputar. (BRIGHTSIDE)

Ambilah gerakan berlutut, lalu cobalah untuk bangkit berdiri dengan menggunakan satu kaki, dan kaki lainnya lurus ke belakang. Putar tubuh ke samping dan tahan pose ini selama 30 detik untuk melatih otot perutmu secara maksimal. 

7Kumbhaksana atau plank

Kumbhaksana atau plank. (BRIGHTSIDE)

Persis seperti plank pada umumnya, gunakan kedua tangan dan ujung kaki untuk menopang tubuh yang menghadap ke lantai selama dan sekuat mungkin. Ulangi pose ini beberapa kali untuk melatih kekuatan. 

8Paripurna Navasana atau gerakan perahu

Paripurna Navasana atau gerakan perahu. (BRIGHTSIDE)

Ambil posisi duduk, angkat kedua kaki lurus ke atas, luruskan tangan ke depan, dan cobalah angkat tubuh perlahan. Lakukan pose ini selama 1 menit. 

9Eka Pada Adho Mukha Svanasana

Eka Pada Adho Mukha Svanasana. (BRIGHTSIDE)

Dengan posisi merangkak, cobalah menyeimbangkan tubuh dengan mengangkat satu kaki ke atas dan kaki lainnya tegak lurus menopang bersama dengan kedua tangan di lantai. Ulangi pose ini 10 kali untuk masing-masing kaki. 

10Vrksasana atau gerakan pohon

Vrksasana atau gerakan pohon. (BRIGHTSIDE)

Berdirilah tegak, letakan kaki kanan di bagian dalam paha kiri, sedangkan kedua tangan menangkup di depan dada seperti sedang berdoa. Tersenyumlah sambil menahan pose ini selama 1 menit. 

11Dhanurasana atau gerakan busur

Dhanurasana atau gerakan busur. (BRIGHTSIDE)

Dalam posisi tengkurap, angkat perlahan tubuh bagian depan dan kaki menekuk ke atas. Renggangkan tangan ke belakang hingga bisa menahan kedua kaki dan lakukan gerakan ini selama 30-90 detik sesuai kemampuan. 

12Bitilasana atau gerakan sapi

Bitilasana atau gerakan sapi. (BRIGHTSIDE)

Berlututlah di lantai, luruskan kedua lengan untuk menahan beban tubuh bagian depan, tekuk tulang belakang seperti pose seekor kucing. Lalu tekuk ke bawah, dan tahan pose ini selama 30 detik. 

13Ardha Purvottanasana atau gerakan meja

Ardha Purvottanasana atau gerakan meja. (BRIGHTSIDE)

Duduklah di lantai dan perlahan letakan kedua tangan lurus di belakang. Angkat tubuh perlahan hingga sejajar dengan kedua paha dan kedua kaki menopang. Tahan pose ini selama 30 detik. 

14Adho Mukha Svanasana

Adho Mukha Svanasana. (BRIGHTSIDE)

Bertumpulah pada kedua tangan dan kedua kaki di lantai, angkat bokongmu ke atas hingga tubuh membentuk sudut 90 derajat. Lakukan gerakan ini selama 3 menit. 

15Tadasana atau gerakan gunung

Tadasana atau gerakan gunung. (BRIGHTSIDE)

Sebelum memulai semua pose tadi, lakukanlah pose ini sebagai pemanasan di mana kamu cukup berdiri rileks.

 

BRIGHTSIDE| STYLECRAZE| YOGAJOURNAL

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments