hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

14 Mei 2018, 16:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Selain kekuatan alur cerita, sinematografi, serta kemampuan akting para pemerannya, keberhasilan sebuah film juga didukung hal lain. Yaitu theme song atau musik khas yang mengiringinya.

Scoring dalam film biasanya berupa musik instrumental tanpa lirik dan mampu memperkuat suasana sebuah adegan. Mulai dari adegan romantis hingga menegangkan. 

Beberapa film legendaris berhasil membuat scoring music-nya terus dikenang hingga saat ini. Saking ikoniknya, kalau kamu mendengarnya kamu bakal langsung ingat filmnya. Kayak beberapa film ini nih! Ayo mana yang paling kamu ingat?

 

 

1. 'Mission Impossible'.

'Mission Impossible'. (IMDB)

Musik yang kamu dengar setiap kali karakter dalam film 'Mission Impossible' sedang menjalankan misi berbahaya ini memang sangat ikonik dan terus digunakan hingga kini. Musik tersebut dibuat oleh seorang penulis sekaligus komposer lagu asal Argentina, Lalo Schifrin, pada 1967.

Berawal dari serial TV dengan judul yang sama pada 1966 hingga 1972, 'Mission Impossible' menjadi salah satu film paling digemari. Tom Cruise menjadi pemeran karakter utama agen rahasia bernama Ethan Hunt sejak 1996 hingga seri keenamnya yang akan rilis Juli mendatang.

2. 'James Bond 007'.

'James Bond 007'. (IMDB)

Satu lagi film agen rahasia yang punya scoring ikonik yaitu James Bond atau yang dikenal sebagai agent 007. Dibuat oleh komposer Monty Norman, musik yang selalu kamu dengar pada scene awal dengan visual seperti menembak dalam barrel pistol ini sudah digunakan sejak 1962 hingga sekarang. Padahal karakter Bond sudah beberapa kali berganti aktor.

3. 'Pink Panther'.

'Pink Panther'. (PINTEREST)

Kalau mendengar scoring yang satu ini kamu pasti langsung merasakan suasana kocak kan? Terkenal melalui film detektif komedi 'The Pink Panther' pada 1963, scoring music ini dibuat oleh komposer asal Amerika Serikat, Henry Mancini. Lagu yang melekat dengan sang detektif komedi ini masih dipakai hingga film reboot-nya yang rilis pada 2009.

4. 'Titanic'.

'Titanic'. (IMDB)

Dinobatkan sebagai salah satu film tersukses di dunia, keberhasilan film 'Titanic' tidak lepas dari scoring music berjudul 'Hymn to the Sea' yang berhasil menghanyutkan penonton dengan ketegangan saat kapal mewah tersebut harus karam setelah menabrak gunung es.

Sang pengarang musik yaitu James Horner juga berhasil membawa pulang piala Oscar pada 1997 untuk kategori Dramatic Score. Selain itu, soundtrack-nya yang berjudul 'My Heart Will Go On' yang dinyanyikan Celine Dion juga akan langsung mengingatkan kamu dengan film 'Titanic' saat mendengarnya.

5. 'Star Wars'.

'Star Wars'. (STAR WARS)

Musik yang selalu kamu dengar dalam opening scene film seri 'Star Wars' ini memang sangat ikonik. Musik telah digunakan sejak 1977 hingga film terbarunya, 'Star Wars: The Last Jedi' yang rilis pada Desember 2017.

Sang komposer, John Williams berhasil memenangkan piala Oscar pada 1977 untuk kategori Original Score. Bahkan orkestra scoring music 'Star Wars' juga pernah ditampilkan komposer asal Indonesia, Addie MS di salah satu penampilannya.

E NEWS | IMDB

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments