hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

13 Desember 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Seenggaknya satu kali dalam sebulan, para cewek memang harus berjibaku dengan urusan datang bulan yang sering menyakitkan. Namun tenang, kamu enggak sendiri, karena sebagian besar perempuan pasti mengalami pengalaman yang sama.

Daripada dibawa stres, yuk cari tahu cara untuk mencegah siksaan kram perut saat menstruasi. Seperti dilansir dari Brightside berikut ini.

1Mandi air hangat

Penelitian dari University College London membuktikan kalau temperatur sekitar 40 derajat celsius ampuh untuk menghilangkan kram di perut saat masa menstruasi. Cobalah untuk meletakkan botol berisi air hangat di atas area perut.

Atau berendamlah di dalam air hangat yang telah ditambahkan dengan minyak esensial atau sabun mandi dengan aroma favoritmu. Dijamin, rasa kram akan menghilang dan otot-otot dalam tubuh bakal jadi jauh lebih rileks. 

2Minum teh herbal

 

Elsker min energi te ???????? . . .

A post shared by Brynja - Din Livsstilscoach (@herbabry) on

Teh herbal yang terbuat dari rempah-rempah sudah lama diketahui dapat mengurangi rasa sakit, termasuk sakit kram saat datang bulan. Teh kamomil hangat bisa jadi pilihan karena berkhasiat meregangkan otot yang kaku, meregangkan area rahim, dan membuat perasaanmu jadi rileks.

Teh kunyit juga memiliki khasiat yang sama dan dapat dibuat sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan seperti kunyit parut, akar jahe parut, kayu manis, madu, dan lemon sebagai campurannya. 

3Tidur cukup

Kram perut karena haid bisa jadi penyebab gangguan tidur sepanjang malam. Enggak heran, mood cewek biasanya jelek saat bangun pagi saat sedang menstruasi.

Untuk itu, cobalah lakukan posisi tidur seperti bayi dalam perut, yaitu meringkuk. Yang diyakini dapat meregangkan otot di sekitar perut dan mengurangi rasa nyeri. Posisi ini juga mencegah kamu mengalami "bocor" selama tidur sepanjang malam. 

4Minum cukup

Minum air yang cukup dapat mencegah penumpukan cairan di dalam tubuh. Sehingga rasa kembung pada perut saat menstruasi bisa dicegah. Meminum air hangat juga dapat mengurangi nyeri dan membuat otot lebih rileks.

Selain minum air, kamu juga bisa makan buah dan sayur dengan kandungan air yang tinggi. Seperti timun, selada, semangka, peach, dan buah beri. 

5Olahraga

Kebanyakan cewek malas berolahraga saat menstruasi, tapi ternyata olahraga cukup berpengaruh mengurangi rasa sakit selama datang bulan lho. Hormon endorfin yang terlepas saat olahraga bisa meningkatkan mood. Dan, membuat kamu enggak fokus pada rasa nyeri yang ada.

Cobalah olahraga seperi berjalan kaki, bersepeda, dan yoga sebanyak tiga kali seminggu selama masing-masing 15 menit. 

6Hindari makanan tertentu

Saat haid, keinginan buat makan makanan yang bikin senang dan nyaman memang makin menjadi-jadi. Eits, hati-hati karena bisa saja makanan-makanan itu memperparah rasa nyeri dan kram perutmu lho.

Hindari mengonsumsi kafein, makanan berlemak dan bergaram tinggi. Serta alkohol, dan minuman bersoda saat sedang datang bulan. Karena ini punya dampak yang enggak baik buat tubuhmu. 

7Minum vitamin

Minum vitamin. (VITAMINS)

Asupan vitamin yang cukup penting untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi, di antaranya adalah asupan kalsium yang dapat membantu kerja otot. Selain itu, vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium, asam lemak omega-3 seperti pada minyak ikan, magnesium, dan vitamin E.

 

BRIGHTSIDE| DRTORIHUDSON| WHOLESOMEONE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments