hero
(YOUTUBE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

9 Januari 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Mungkin terdengar aneh, namun enggak ada salahnya untuk mengecek urinmu setiap kali selesai buang air kecil. Pasalnya, warna urin ternyata memiliki kaitan erat dengan keadaan kesehatan tubuhmu loh. Berikut sejumlah pertanda di balik perbedaan warna urin yang harus kamu perhatikan seperti dilansir dari Brightside. 

1Oranye

Urin berwarna oranye. (BRIGHTSIDE)

Konsumsi obat-obatan seperti obat anti-inflamasi atau obat kemoterapi dan konsumsi vitamin B2 atau beta-karoten seperti dalam wortel yang terlalu banyak, bisa menjadi penyebab warna urin berwarna oranye.

Namun, jika kamu enggak mengonsumsi hal-hal tadi, warna urin oranye menandakan tubuh mengalami dehidrasi dan butuh asupan air lebih banyak. Jika warna urin oranye disertai penguningan pada area mata, perlu juga waspada itu adalah gejala masalah fungsi pada organ hati. 

2Merah muda

Urin berwarna merah muda. (BRIGHTSIDE)

Beberapa komponen dalam makanan dapat membuat warna urinmu kemerahan, seperti buah blackberry. Begitu pula dengan obat seperti antibiotik tertentu untuk penyakti tuberkulosis. Biasanya akan membuat urin menjadi berwarna merah muda.

Namun, jika urinmu disertai keluarnya darah, kamu perlu waspada. Kemungkinan hal tersebut mengindikasikan bahwa telah terjadi infeksi saluran kandung kemih, penyakit ginjal, atau tumor. Segera periksakan ke dokter. 

3Biru kehijauan

Urin berwarna biru kehijauan. (BRIGHTSIDE)

Warna urin seperti ini memang sangat langka terjadi. Namun biasanya bisa disebabkan oleh asupan makanan yang berwarna. Dan, beberapa jenis obat-obatan seperti antidepresan amitriptilin, analegesik indometacin, dan anestesi propofol.

Kalau kamu enggak merasa mengasup hal-hal tadi, mungkin kamu perlu mencurigai penyebab lainnya. Seperti adanya bakteri pseudomonas yang berpotensi menyebabkan penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kandung kemih. 

4Cokelat

Urin berwarna cokelat. (BRIGHTSIDE)

Warna cokelat pada urin juga bisa jadi pertanda kurangnya cairan dalam tubuh. Namun, jika banyak minum lalu ternyata enggak mengubah kondisinya, itu berarti pertanda lain. Urin yang berwarna kecokelatan bisa jadi tanda adanya penyakit organ hati dan ginjal, atau tumor di dalam tubuh. 

5Urin berbusa

Urin berbusa. (BRIGHTSIDE)

Urin yang tampak berbusa sebenarnya cukup normal. Namun jika busanya tampak semakin banyak dan ada terus menerus setiap kali kamu buang air kecil, maka kamu harus periksakan ke dokter.

Pasalnya, urin yang berbusa bisa jadi merupakan pertanda adanya unsur protein pada urin yang perlu dievaluasi, sebagai gejala awal adanya masalah serius pada ginjal.

6Transparan

Urin transparan. (BRIGHTSIDE)

Jika urinmu tampak transparan atau tidak berwarna sama sekali, tandanya kamu mengonsumsi terlalu banyak air. Air yang terlalu banyak dalam tubuh juga bisa jadi masalah, yaitu melarutkan kadar garam dalam tubuh. Dan mengganggu keseimbangan kimiawi tubuh. Cobalah untuk mengurangi asupan air dalam kondisi tersebut. 

7Kuning bening, kuning pucat, atau kuning gelap

Urin berwarna Kuning bening, kuning pucat, atau kuning gelap. (BRIGHTSIDE)

Urin dengan warna-warna ini tidak perlu kamu khawatirkan. Karena warna urin yang normal memang seperti warna keemasan yang pucat. Jika warna urinmu kuning seperti minuman lemon, maka kondisi kesehatan tubuhmu normal dan sehat-sehat saja.

 

BRIGHTSIDE| BEL MARRA HEALTH| MIRROR

31

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments