hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

14 Desember 2017, 08:45 WIB

INDONESIA

Saat sedang diet asupan makanan ke dalam tubuh terutama kalori memang harus sangat diperhatikan. Cara mengolahnya pun harus diperhatikan.

Hal ini enggak jarang bikin orang-orang yang sedang diet kebingungan untuk memilih makanan apa yang bisa dikonsumsi. Terutama kalau sedang ingin makan makanan Indonesia, seperti sate, soto, bakso, dan lain-lain. Masalahnya, karena makanan Indonesia rata-rata menggunakan banyak bumbu dan mungkin saja memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Tapi ternyata kamu juga tetap bisa kok menikmati makanan-makanan khas Indonesia walaupun sedang diet. Asalkan tahu trik untuk mengonsumsinya, kamu bisa tetap menikmati makanan-makanan Indonesia. Berikut ini adalah makanan khas Indonesia yang bisa kamu pilih saat sedang diet.

 

1. Sate

Sate tanpa bumbu bisa jadi pilihan kamu saat diet. 

Sate ayam atau daging termasuk makanan khas Indonesia yang cukup sehat. Tapi yang perlu diingat adalah memilih sate yang hanya menggunakan daging tanpa kulit atau lemak. Boleh menambahkan lontong, tapi tetap batasi jumlahnya. Dan pastikan sausnya dipisah.

2. Gado-gado atau Ketoprak

 

Gado-gado dengan bumbu sedikit, bisa kamu konsumsi juga.

Sama seperti sate, sebaiknya kalau kamu beli gado-gado atau ketoprak itu bumbunya dipisah. Jangan langsung dicampur. Soalnya bumbu tersebut memiliki kandungan kalori yang tinggi, Bisa-bisa nanti malah kamu mengonsumsi kalori secara berlebih. Karena sebenarnya makanan seperti gado-gado tanpa bumbu itu pada dasarnya adalah clean food.

3. Sup

Sup ayam kaya gini juga boleh dikonsumsi saat diet.

Banyak banget jenis sup yang bisa kamu konsumsi saat diet, seperti sup ayam, sup sayuran, dan lain-lain. Jenis-jenis sup itu sebenarnya oke banget buat yang lagi diet atau mengatur asupan makan karena tidak digoreng dan kandungan minyaknya sediki. Kamu juga bisa mengonsumsinya dengan nasi merah. Trik ketika makan sup di tempat makan adalah batasi jumlah kuah yang kamu konsumsi agar kalori yang masuk tidak berlebihan.

4. Bakso

Baksonya jangan dicampur dengan mi, ok untuk yang sedang diet.

Bakso yang terbuat dari campuran daging dan tepung tapioka, tetap bisa dikonsumsi saat kamu sedang diet. Triknya adalah usahakan hanya mengonsumsi baksonya saja dengan kuah, tanpa menambahkan gorengan, bihun, atau mi.

5. Makanan yang ditumis

Tumis sayuran ini juga ok untuk makanan saat diet.

Makanan yang dimasak dengan cara ditumis termasuk makanan yang sehat karena tidak banyak menggunakan minyak. Agar lebih sehat kamu bisa mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun atau canola oil. Bahan yang digunakan untuk tumisan pun bisa apa saja, seperti menggunakan berbagai macam sayuran, tempe, tahu, hingga daging.

BERBAGAI SUMBER

71

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments