hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

6 Desember 2017, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Banyak orang sudah mati-matian olahraga rutin, menerapkan diet ketat, dan memiliki metabolisme yang sehat. Namun tetap saja susah menurunkan berat badannya.

Ternyata, penurunan berat badan bukan cuma berasal dari faktor fisik lho, tetapi juga faktor pikiran alias psikologis seseorang. Berikut ini lima penghambat psikologis yang membuat kamu sulit untuk menurunkan berat badan. Meskipun segala upaya sudah dilakukan, seperti dilansir dari Brightside.

1Menjadikan badan gemuk alasan

Menjadikan badan gemuk alasan. (BRIGHTSIDE)

Tanpa disadari, banyak orang yang sering memanfaatkan kondisi tubuhnya yang gemuk sebagai 'kambing hitam' permasalahan dalam hidupnya. Seringnya, saat seseorang jomblo, belum dapat pekerjaan, atau enggak bisa mencapai sesuatu.

Maka badan yang gemuk pun bisa dijadikan alasan tempat melimpahkan kesalahan. Itulah sebabnya, berat badan enggak akan turun, karena kamu terbiasa menjadikannya dalih dari masalah-masalahmu. 

2Membuat diri sendiri malas

Membuat diri sendiri malas. (WORLDNEWSTODAY)

Ada lagi kebiasaan yang dilakukan orang yang sedang berupaya menurunkan berat badan, yaitu menunda segala sesuatu. Berapa banyak hal-hal yang kamu tunda karena merasa gemuk dan ingin menunggu sampai kurus dulu? Dengan begitu, tanpa disadari kamu lagi-lagi menjadikan badan gemuk sebagai dalih atas kemalasan sendiri. 

3Badan gemuk sebagai pusat perhatian

Badan gemuk sebagai pusat perhatian. (BUSTLE)

Ada beberapa orang yang telanjur nyaman dengan rasa kasihan dan perhatian yang diberikan sekitarnya karena ia gemuk. Bukannya termotivasi untuk menurunkan berat badan, seseorang justru semakin berada di zona nyaman saat ia bertubuh gemuk untuk mendapat perhatian lebih. 

 

4Menjadikan kebiasaan makan sebagai pelarian

Menjadikan kebiasaan makan sebagai pelarian. (YOUTUBE)

Enggak sedikit orang yang menjadikan makan sebanyak-banyaknya sebagai ritual penghilang stres. Hal ini terjadi karena seseorang tersebut enggak dapat menyalurrkan emosinya dengan baik dan tepat. Oleh karena itu, kesulitan untuk mengontrol emosi sering kali diterjemahkan dengan makan berlebih agar enggak terlihat. 

 

5Menyembunyikan rasa minder

Menyembunyikan Rasa Minder. (BRIGHTSIDE)

Rasa minder yang mendalam dan terus menerus bisa menjadi penghambat utama sulitnya seseorang menurunkan berat badan. Pasalnya, enggak jarang orang yang berpikir bahwa gemuk adalah nasib.

Karena keluarganya memiliki riwayat bertubuh gemuk, sehingga ia pun kerap sulit percaya diri. Pemikiran seperti inilah yang harus dihilangkan, karena menjadi sehat atau tidak, pilihannya ada di tangan diri sendiri.

 

 

 

BRIGHTSIDE| NY TIMES

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments