hero
(NEWS)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

5 Desember 2017, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Setiap orang pasti ingin jadi lebih baik, lebih sehat, dan lebih positif dalam hidupnya. Kalau kamu salah satunya, yuk coba beberapa cara sederhana berikut ini yang ternyata bisa meningkatkan kemampuan otakmu.

Saat mulai membiasakannya, tanpa kamu sadari kamu akan berubah menjadi lebih positif. Dengan melakukan hal-hal sederhana seperti dilansir dari Brightside berikut ini.

1Berpelukan

Berpelukan ternyata baik bagi kesehatan otak. (MY CANADIAN PHARMACY)

Siapa sangka sebuah pelukan bisa punya dampak yang ajaib pada otak, yaitu rilisnya hormon dopamin yang membuat seseorang merasa senang. Berpelukan terbukti secara ilmiah dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, memperbaiki mood, dan membuat orang merasa aman dan nyaman.

 

2Stop menggerutu

Kebiasaan menggerutu ternyata bisa sebabkan depresi. (BRIGHTSIDE)

Kebiasaan mengomel atau mengeluh ternyata bisa bikin otak terbiasa juga berpikir negatif, dan bisa hingga menyebabkan depresi. Daripada mengomel, lebih baik kamu cari aktivitas santai seperti jalan sore atau meditasi sejenak sampai pikiranmu jernih.

Penelitian psikologi di Universitas North Carolina membuktikan, orang yang berkontemplasi positif 20 menit saja dalam sehari cenderung lebih baik. Dan menunjukkan lebih sedikit gejala penyakit. 

3Selalu bersyukur

kebiasaan bersyukur bisa memicu hormon serotonin dalam otak yang bisa membuat emosi lebih seimbang. (STRENGTHESENSEI)

Cobalah catat sedikitnya 3 hal yang kamu syukuri setiap hari, dimulai dari hal-hal yang sederhana saja dalam aktivitasmu. Jurnal Ilmu Jiwa dan Ilmu Saraf menyatakan kebiasaan bersyukur bisa memicu hormon serotonin dalam otak yang bisa membuat emosi lebih seimbang dan mencegah panik berlebihan. 

 

4Ungkapkan perasaan buruk

Saat bersedih ungkapkan perasaanmu lewat tulisan, jangan biasakan dipendam! (BRIGHTSIDE)

Saat kamu merasa sedih atau tertekan, jangan biasakan dipendam. Tapi cobalah untuk meluapkannya lewat tulisan. Ilmuwan meyakini proses verbalisasi emosi bisa mengurangi aktivitas pusat rasa takut pada otak yang kerap membuat stres.

 

5Berbaur dengan orang lain

Berbaurlah dengan orang-orang yang positif agar kamu memiliki emosi yang stabil. (JW)

Penelitian di Universitas Michigan pada 2010 menemukan bahwa berkumpul bersama teman atau sekadar berada di tempat yang ramai bisa membawa dampak positif pada otak manusia. Apalagi kalau kamu dikelilingi oleh orang-orang yang positif, intelektual, dan stabil emosinya secara individual. Selain itu, juga karena manusia punya kecenderungan untuk menularkan emosi dan kebiasaan kepada sesamanya. 

 

6Berhenti multitasking

Berhenti multitasking agar tidak stres dan panik. (PINTEREST)

Dalam keseharian, kamu mungkin sering kali terpaksa melakukan berbagai macam kegiatan dalam satu waktu bersamaan. Namun, penelitian menunjukkan kalau multitasking justru hanya akan mengurangi produktivitasmu hingga 40 persen.

Cobalah untuk melakukan sesuatu dalam satu target waktu. Kemudian berhentilah sejenak dan beri penghargaan kecil pada dirimu sebelum memulai aktivitas selanjutnya.

 

7Pasang musik kesukaan

Pasang musik kesukaan. (PINTEREST)

Kabar baiknya adalah ternyata mendengarkan musik tidak akan mengurangi produktivitasmu kok. Justru dengan irama musik yang tepat, otak bisa merasa lebih rileks dan lebih mudah fokus untuk beraktivitas.

 

 

 

BRIGHTSIDE| LIVE SCIENCE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments