hero
(SMRT INDIANA)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

4 Desember 2017, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang enggak menular, yang menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia, bahkan di dunia. Data World Health Organization (WHO) tahun 2012 menunjukkan 17,5 juta orang di dunia meninggal, akibat penyakit kardiovaskuler setiap tahunnya.

Baru-baru ini, negeri pun berduka atas kepergian tokoh kuliner nusantara, Bondan Winarno yang diduga meninggal dunia karena penyakit jantungnya. Salah satu dari jenis penyakit jantung yang paling berbahaya dan berisiko kematian secara tiba-tiba adalah serangan jantung. 

1Penyebab serangan jantung

Serangan jantung terjadi  saat adanya segmen otot jantung yang tidak berfungsi. (MEDICINENET)

Kondisi ini terjadi saat adanya segmen otot jantung yang tidak berfungsi. Sehingga darah berhenti mengalir dan tubuh pun kehilangan suplai darah.

Serangan jantung bisa disebabkan oleh bermacam faktor. Mulai dari usia yang biasanya di atas 45 tahun, kolesterol tinggi, diabetes, hipertensi, obesitas, kebiasaan merokok, dan genetik. 

2Gejala penyakit jantung

Gejala serangan jantung yang terlihat umumnya seseorang terasa nyeri di area dada dan bahu yang cukup hebat. (PHILIPPINE NEWS)

Risiko serangan jantung juga semakin tinggi pada orang yang enggak aktif bergerak dalam aktivitasnya sehari-hari. Gejala yang terlihat ketika seseorang mengalami serangan jantung umumnya adalah rasa nyeri di area dada dan bahu yang cukup hebat.

Menjalar hingga ke leher dan punggung yang terasa seperti tertekan. Selain itu, saat serangan terjadi, seseorang akan jadi sulit bernafas, wajahnya pucat, dan berkeringat.

3Penanganan

Penangan yang bisa dilakukan adalah metode CPR atau langsung dilarikan ke rumah sakit. (PINTEREST) 

Orang yang mengalami serangan jantung harus sesegera mungkin ditangani. Paling enggak dengan metode CPR atau langsung dilarikan ke rumah sakit.

Biasanya, salah satu solusi medis yang diberikan adalah dengan melakukan operasi bypass arteri koroner atau angioplasti untuk membuka arteri yang tersumbat. 

4Pencegahan

Rutin berolahraga dapat mencegah penyakit jantung. (MOTHERNATURE)

Tapi, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, karenanya mari menjaga pola hidup sehat agar penyakit jantung enggak menghantui. Hindari merokok, minum minuman alkohol, dan stres berlebih.

Upayakanlah menjaga pola makan dan tidur yang seimbang, jaga tingkat gula darah dan kolesterol. Jangan lupa juga untuk rutin berolahrga, terutama latihan kardio agar tubuh tetap fit dan jantung tetap bugar dan sehat.

 

NEW YORK DAILY NEWS| MEDICAL NEWS TODAY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments