hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

1 Desember 2017, 08:45 WIB

INDONESIA

Sejak dulu, jahe dikenal sebagai obat-obatan tradisional yang sangat bermanfaat. Jahe merupakan sumber vitamin, micronutrients, dan minyak esensial yang memiliki efek penguatan, menyegarkan, dan anti-inflamasi pada tubuh. Masih banyak manfaat jahe yang lain, yang bisa kamu ekplor. Berikut ini ada beberapa resep penggunaan jahe untuk memperkuat kesehatan kamu yang mudah untuk dilakukan di rumah.

Tapi sebelumnya perhatikan hal-hal berikut ini, ya!

- Jangan menggunakan jahe jika memiliki masalah pada jantung atau hati, jika suhu tubuh kamu meningkat, atau jika selaput lendir rusak. Dan jangan gunakan jahe jika kamu mengalami luka pendarahan atau sedang hamil trimester kedua dan ketiga.

- Pastikan kamu tidak alergi pada jahe sebelum menggunakan masker dengan ekstrak jahe. Oleskan sedikit kebagian dalam siku kamu untuk mengetes apakah kamu alergi terhadap jahe atau tidak.

 

 

 

 

1.Melawan selulit

ILUSTRASI BRIGHT SIDE

Scrub jahe bisa membantu menghangatkan kulit kamu dan meningkatkan sirkulasi darah. scrub jahe juga menghilangkan pembengkakan untuk mencegah terbentuknya selulit baru.Campurkan 1 sendok makan jahe parut dengan 0.5 liter jus jahe. Tambahkan 1-1,5 gelas garam laut kasar. Oleskan scrub dengan spons, dan gunakan pada semua bagian yang bermasalah.

2.Memperkuat kuku dan membantu kuku tumbuh

ILUSTRASI BRIGHT SIDE

Cairkan 1-2 sendok makan shea butter. Tambahkan 1-2 sendok teh minyak alpukat, 3-5 tetes minyak esensial nilam, 3-5 tetes minyak esensial jahe, dan 5-7 tetes minyak esensial lemon. Campur semua bahan, dan simpan dalam tolpes bersih. Kamu dapat menggunakannya sebagai masker atau dicampur bersama krim tangan. Catatan! Campuran ini bisa menyebabkan alergi, jadi kamu harus berhati-hati.

3.Memperkuat imunitas tubuh

ILUSTRASI BRIGHT SIDE

Berkat konsentrasi asam askorbatnya yang tinggi, vitamin A dan B, seng, kalsium, yodium, antibiotik alami, dan antimikotik, jahe memperkuat tubuh kita dan meningkatkan daya tahan kita terhadap berbagai penyakit.

- Tambahkan 1 sendok teh jahe parut ke dalam 250 ml teh hitam atau teh hijau.

- Cincang 2-4 lemon dan 400gr jahe segar dan campurkan dengan 250gr madu. Konsumsi 1 sendok teh setiap pagi sebelum makan ketika musim flu.

4.Menstimulasi kerja otak

ILUSTRASI BRIGHT SIDE

Konsumsi jahe akan memperlambat penuaan dan matinya sel otak dan mencegah penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer dan Parkinson. Jahe juga bisa meningkatkan semua fungsi kognisi dan membantu mempertajam ingatan.

5Kulit bercahaya dan berseri

ILUSTRASI BRIGHT SIDE

Campurkan parutan jahe, madu, dan jus lemon dengan jumlah sama banyak untuk meremajakan kulit dan membuatnya bersinar. Gunakan masker ini untuk wajah kamu selama 30 menit.

6.Membantu menghilangkan jerawat

ILUSTRASI BRIGHT SIDE

- Campurkan 1 sendok teh parutan jahe dan 1 sendok teh cuka apel. Oleskan pada jerawat untuk meredakan peradangan dan kemerahan dengan cepat.

- Campurkan 1 sendok teh parutan jahe, 1 sendok teh madu, dan sedikit susu. Oleskan pada wajah, dan biarkan selama 10-15 menit sebelum membersihkannya.

7.Merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok serta ketombe

ILUSTRASI BRIGHT SIDE

Jahe menyediakan kulit kepala dengan aliran darah, memasok akar dengan nutrisi, dan merangsang pertumbuhan rambut untuk mencegah rambut rontok.

- Masker untuk memperkuat rambut. Campurkan parutan jahe dengan minyak jojoba, dan pijatkan ke rambut dan kulit kepala. Bersihkan setelah 30 menit.

- Merangsang pertumbuhan rambut. Rendam sedikit parutan jahe dan bawang putih dalam air dan biarkan beberapa saat. Tambahkan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa ke dalam campuran tersebut, dan pijatkan ke akar rambut.

- Masker untuk ketombe. Campurkan 2 bagian jahe parut dan 3 bagian minyak zaitun atau minyak wijen. Oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 15-25 menit. Gunakan dua kali seminggu.

BRIGHT SIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments