hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

28 November 2017, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kamu sering merasa kesemutan? Kalau iya, mulailah waspada. Sering kesemutan bisa jadi gejala yang mengindikasikan peredaran darah dalam tubuh yang enggak lancar.

Tersumbatnya peredaran darah bisa menyebabkan masalah ginjal, varises, dan penyakit lainnya. Untuk memperlancar peredaran darah, ini hal yang bisa kamu lakukan sehari-hari seperti dilansir dari Brigthside.

1Punya hewan peliharaan

 

Handstand goals! ???? comment below your birthday and see if you have a birthday twin.

A post shared by Pets ???? (@petexploring) on

Hewan peliharaan bisa bikin kamu jauh lebih rileks sehari-hari, sehingga terhindar dari potensi penyakit jantung dan stres berlebih. Selain itu, punya hewan peliharaan seperti anjing membuat kamu lebih rutin bergerak, misalnya jalan pagi atau jalan sore dengan si hewan. 

2Makan makanan pedas

Cabai ternyata berkhasiat memperlebar pembuluh darah, dan melancarkan aliran darah di dalamnya. Selain itu, bawang merah dan bawang putih juga dapat mencegah pembentukan sumbatan pada pembuluh darah, dan meningkatkan sirkulasi darah. 

3Pilih baju yang tepat

Meski kesannya sepele, memakai baju dan celana yang terlalu ketat dalam waktu yang lama bisa berpengaruh ke sirkulasi darah dalam tubuhmu lho. Pilihlah baju dan celana yang pas atau cenderung longgar di badanmu agar darah dapat beredar normal di dalam tubuh. 

4Makan-makanan kaya asam folat

Makan-makanan kaya asam folat. (BRIGHTSIDE)

Asam folat bermanfaat dalam pertumbuhan dan regenerasi sel, termasuk sel darah merah. Mengonsumsi cukup asam folat seperti dari sayuran hijau, brokoli, alpukat, pepaya, pisang, jeruk, kacang-kacangan, jagung, danwortel bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah. 

5Angkat posisi kaki

Angkat posisi kaki. (BRIGHTSIDE)

Mengangkat kaki ke posisi yang lebih tinggi dari posisi dada bisa membantu memperlancar peredaran darah. Selain itu, melakukan posisi ini selama 20 menit setiap hari juga bisa membuatmu lebih rileks dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments