hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

22 November 2017, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Seorang ahli psikologi asal Amerika Serikat yang bernama William Herbert Sheldon membagi tipe tubuh ke dalam tiga bentuk yaitu ektomorf, endomorf, dan mesomorf. Untuk mencapai bentuk ideal, masing-masing tipe tubuh membutuhkan jenis latihan dan diet yang spesifik dan berbeda-beda, tapi seseorang juga bisa mengombinasikannya sesuai kebutuhan.

Dilansir dari Brightside, sebelum tahu seperti apa pola latihan dan dietnya. Coba ketahui dulu tubuh kamu masuk tipe yang mana dengan cara berikut ini.

Jenis-jenis tipe bentuk tubuh. (PINTEREST)

Pertama, ukurlah pergelangan tanganmu dengan tali ukur. Kalau ukuran lingkarnya 15-17 cm berarti tubuhmu masuk tipe ektomorf. Kalau ukuran lingkarnya 20 cm berarti mesomorf. Dan kalau ukurannya di atas 20 cm berarti kamu tergolong endomorf. 

Ukur pergelangan tanganmu untuk mengetahu apa tipe bentuk tubuhmu. (BRIGHTSIDE)

Setelah mengenal jenis bentuk tubuhmu, baru deh lakukan pola latihan dan diet yang disarankan untuk masing-masing tipe bentuk tubuh.

Hasil body goals setiap bentuk tubuh berbeda-beda. (BRIGHTSIDE)

 

1Ektomorf

Tipe ini biasanya punya bentuk tubuh tinggi dan ramping, dengan sedikit bagian tumbuh berlemak maupun berotot. Tipe tubuh ini biasanya sulit untuk menaikkan berat badan dan membentuk otot.

Sehingga, biasanya jenis latihan dan diet akan fokus untuk dua hal tersebut. Jadi, setiap dua hari sekali, kamu harus melakukan rangkaian latihan otot tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya.

Bentuk tubuh tipe ektomorf. (BRIGHTSIDE)

Diet untuk tipe tubuh ini juga harus mencakup konsumsi karbohidrat seperti nasi, pasta, oatmeal, sayuran, daging atau ikan tanpa lemak, serta produk susu dengan kandungan lemak sedang. Hindari makanan atau minuman manis.

2Mesomorf

Bentuk tubuh tipe mesomorf. (BRIGHTSIDE)

Perawakan tipe tubuh ini biasanya tampak lebih berisi dan berotot dibanding tipe ektomorf. Tipe tubuh ini juga termasuk mudah membentuk otot selama melakukan latihan dan pola diet yang baik.

Untuk menghilangkan lemak berlebih dan meningkakan stamina, tipe tubuh ini butuh melakukan beragam latihan.Mmulai dari angkat beban, gerakan berulang, dan latihan di gym.

Pola dietnya, konsumsilah daging, ikan, kacang-kacangan, dan makanan lain yang tinggi protein. Hindari makanan atau minuman manis serta yang berkarbohidrat tinggi. 

3Endomorf

Tipe tubuh ini biasanya mudah sekali untuk menjadi obesitas. Karena pada dasarnya jenis tubuh ini memiliki struktur yang besar, dengan alokasi lemak di bagian perut dan lengan.

Bentuk tubuh tipe endomorf. (BRIGHTSIDE)

Jadi, olahraga dan diet diperlukan untuk mempercepat metabolisme dan membakar tumpukan lemak dalam tubuh. Lakukanlah latihan aerobik dengan angkat beban sedang, dalam durasi yang lebih panjang.

Untuk pola diet, terapkanlah pola makan 4-5 kali sehari dalam porsi kecil. Hindari lemak dan kalori berlebih. Pilih ikan yang tidak berlemak, daging ayam tanpa kulit, dan putih telur. Karbohidrat dan buah sebaiknya dikonsumsi pada pagi hari saja.

 

BRIGHTSIDE| HUFFINGTON POST

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments