hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

21 November 2017, 12:05 WIB

MEDAN, INDONESIA

Tanggal 24-25 November 2017 nanti, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan mengadakan pesta adat dan resepsi pernikahan ngunduh mantu di Medan, Sumatera Utara. Nah, kalau di acara sebelumnya pasangan ini memakai adat Jawa, resepsi Kahiyang dan Bobby kali ini bakal kental dengan budaya Tapanuli Selatan.

Bobby, menantu Presiden Joko Widodo ini memang berasal dari Tapanuli Selatan. Untuk itu, Bobby dan Kahiyang menerapkan sejumlah peraturan adat, termasuk lewat baju yang mereka pakai. Seperti apa sih baju pernikahan mereka nantinya? Let’s check this facts Guys!‚Äč

1. DIBUAT PERAJIN TRADISIONAL

Pembuatan baji adat untuk Kahiyang dan Bobby. (NET/ Irwansyah Putra Nasution)

Para perajin dari Desa Silangge, Kecamatan Sipirok, Tapanuli Selatan mendapat kehormatan untuk membuat baju adat pernikahan Kahiyang-Bobby. Desa ini merupakan satu-satunya sentra penjahit ulos tradisional di Sumatera Utara. Mereka membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk menyelesaikan pembuatan kain songket.

 

2. PROSES PEMBUATANNYA MANUAL

Pembuatan baju adat untuk Kahiyang dan Bobby. (NET/Irwansyah Putra Nasution)

Walaupun bisnis tekstil sudah banyak memanfaatkan tenaga mesin, baju adat Kahiyang-Bobby tetap dikerjakan secara manual loh. Para perajin harus menganyam benang sutera yang jadi bahan baku utama dari kain songket. Dilanjutkan dengan proses tenun yang menggunakan alat tradisional bernama gedokkan. Semua tahap ini membutuhkan waktu sekitar dua bulan.

3. MENGGUNAKAN TIGA MOTIF DAN TIGA WARNA

Kain tradisional untuk Kahiyang dan Bobby. (NET/Irwansyah Putra Nasution)

Menurut para perajin, ada tiga motif yang disiapkan yaitu motif tumbuh-tumbuhan, motif alam dan benda bercorak bunga serta motif bunga penuh. Untuk warnanya, terdapat warna coklat, hitam dan merah marun yang merupakan warna khas songket Tapanuli Selatan.

4. BELASAN SET BAJU UNTUK PENGANTIN DAN KELUARGA

Kain tradisional untuk Kahiyang dan Bobby. (NET/Irwansyah Putra Nasution)

Selain menyiapkan baju pernikahan untuk kedua mempelai, para perajin juga membuat baju untuk anggota keluarga lainnya. Total ada 18 set pakaian yang akan dipakai di pesta adat Kahiyang-Bobby. Untuk pasangan pengantin sendiri, ada tiga set baju adat yang disiapkan.

IRWANSYAH PUTRA NASUTION

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments