hero
(INSTAGRAM/ septriasaacha)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

13 November 2017, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Daripada fokus pada hal-hal yang enggak nyaman, lebih baik nikmati masa kehamilan dengan melakukan aktivitas positif, yuk! Ibu yang sehat dan bahagia pastinya akan melahirkan anak yang sehat juga. Jadi coba deh lakukan aktivitas berikut selama hamil seperti dilansir dari Brightside.

1Olahraga rutin

Olahraga bisa membantu menjaga bentuk tubuh, menghindari tekanan darah tinggi, dan komplikasi lain selama masa kehamilan. Kamu bisa coba olahraga ringan seperti berjalan, berenang, yoga, atau pilates. 

2Periksa kosmetikmu

Apapun yang kamu kenakan pada wajah dan kulitmu selama hamil bisa mempengaruhi si bayi lho. Jadi, pastikanlah kamu memakai produk dengan bahan alami dan yang aman untuk kamu dan buah hati. 

3Ubah kebiasaan makanmu

Ibu hamil hindari memakan makanan mentah. (BRIGHTSIDE)

Saat hamil, tentu saja kamu harus mengasup makanan yang lebih sehat. Seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, gandum, beras merah, dan ikan seperti salmon atau udang.

Sebaliknya, hindarilah makan makanan yang mentah, kafein, dan pewarna buatan. Serta ingat untuk menambah porsi 300-500 kalori selama hamil. 

4Meredakan kram otot

Kram otot adalah hal yang lumrah bagi ibu hamil dan kamu bisa memijat diri atau meletakkan plastik es untuk meredakannya. Jangan lupa juga untuk rutin melakukan stretching sebelum olahraga dan maupun tidur, serta minumlah air yang cukup setiap hari. 

5Hidrasi diri

Minum air minimal 10 gelas per hari. (BRIGHTSIDE)

Minum air paling tidak 10 gelas per hari dan bawalah botol air minum kemana pun kamu pergi. Namun, berhetilah minum satu jam sebelum tidur kalau kamu tidak mau dibuat bolak-balik ke kamar kecil di tengah malam. 

6 Hati-hati memilih spa

Spa saat hamil memang bisa membuat kamu merasakan sensasi rileks yang menenangkan. Namun, usahakan untuk menghindari mandi air panas dan sauna karena suhu panas bisa berbahaya untuk si bayi. Hati-hati juga karena ada beberapa minyak esensial yang berbahaya utuk kehamilan. 

7Siasati penerbangan udara

Usia kehamilan yang aman untuk melakukan penerbangan adalah pada masa 14-28 minggu karena risiko keguguran, lahir terlalu cepat, dan sakit lebih rendah. Namun, tetap saja konsultasikan dulu pada dokter sebelum terbang dan saat terbang. Minumlah banyak air, serta cobalah berjalan setiap 30 menit sekali. 

8Pilih pengobatan alami

Saat mengalami gejala penyakit selama hamil cobalah redakan dengan cara alami. (THE FIT MOM PROJECT) 

Saat mengalami gejala penyakit selama hamil seperti flu, sensasi panas di dada, atau konstipasi, cobalah untuk meredakannya secara alami tanpa obat. Misal, minum teh min panas saat flu, berendam air hangat saat konstipasi, dan minum susu hangat saat merasakan sensasi panas di dada. 

9Pakai tabir surya

Gunakan tabir surya, karena kulit ibu hami lebih sensitif terhadap cahaya. (BRIGHTSIDE)

Pada masa kehamilan, kulit menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari. Sehingga penting untuk mengaplikasikan sunscreen, memakai topi dan kacamata hitam saat bepergian di luar. Beberapa dokter bahkan menyarankan agar ibu hamil menghindari cahaya matahari atau berjemur selama hamil. 

10Pilih posisi tidur

Posisi paling nyaman adalah tidur di satu sisi dengan lutut ditekuk. (BRIGHTSIDE)

Saat hamil, tidur di satu sisi dengan lutut ditekuk adalah posisi yang paling nyaman dan aman. Hindari posisi lurus karena beban di dalam rahim akan menekan tulang belakang dan pembuluh darah besar yang bisa menekan peredaran darah. 

11Belanja sepatu baru

Pilih sepatu yang nyaman saat hamil. (BRIGHTSIDE)

Hal wajar bila selama hamil, kakimu akan membengkak dan ukuran sepatu pun otomatis membesar. Pilihlah sepatu yang nyaman dan aman dengan ukuran yang pas saat kamu hamil. Hindari memaksakan ukuran lama dan memakai hak tinggi saat hamil. 

12Percaya diri

Ibu hamil sering kali merasakan banyak ketakutan dan keraguan pada dirinya sendiri. Ingatlah untuk selalu berpikir posisif, yakin pada dirimu dan perubahan baik yang terjadi pada tubuhmu. Dengan begitu, masa kehamilan pun akan terasa menyenangkan dan tidak menjadi beban.

 

BRIGHTSIDE| NEWS.COM

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments