hero
(SHAREABLE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

10 November 2017, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Perdebatan tentang untung dan ruginya makan daging antara orang vegetarian dan non-vegetarian memang enggak ada habis-habisnya. Namun, daripada berdebat lebih baik kamu cari tahu saja seobjektif mungkin dari sisi ilmiah dan kesehatannya.

Nih, buat kamu yang mau coba jadi vegetarian tapi masih ragu, berikut perubahan yang akan terjadi pada tubuh saat kamu enggak lagi mengonsumsi daging dilansir dari Brightside.

1Berat badan akan berkurang

Berat badan akan berkurang. (BRIGHTSIDE)

Biasanya, saat kamu mulai berhenti makan daging, berat badan pun bisa turun 4-5 kilogram. Ini karena kamu pasti jadi lebih banyak mengonsumsi lebih sedikit kalori, dan lebih banyak sayuran. 

2Jumlah bakteri pelindung dalam perut bertambah

Jumlah bakteri pelindung dalam perut bertambah. (BRIGHTSIDE)

Penelitian menunjukkan kalau jumlah bakteri pelindung dalam perut vegetarian jauh lebih banyak. Namun, hal ini terjadi dalam proses yang tidak instan. Awalnya, kamu pasti kerap merasa kembung karea perut masih beradaptasi. 

3Kulit tampak sehat

Kulit tampak sehat. (BRIGHTSIDE)

Hanya mengonsumsi buah dan sayuran, tanpa daging sama sekali sama saja dengan melakukan detoks pada tubuh. Alhasil, jerawat dan komedo di kulit wajah jadi lebih sulit bertumbuh, dan kulitmu pun akan tampak lebih sehat. 

4Lebih berenergi

Tubuh lebih berenergi. (BRIGHTSIDE)

Salah satu dampak signifikan yang sering dirasakan vegetarian adalah mereka menjadi enggak mudah lelah dalam beraktivitas. Ini karena, diet daging membuat berat badan turun, dan memberi kesempatan bagi tubuh untuk membuang racun, sehingga terasa lebih ringan. 

5Risiko penyakit jantung berkurang

Risiko penyakit jantung berkurang. (BRIGHTSIDE)

Kamu pasti sudah tahu kalau daging merah sering menjadi faktor munculnya gejala penyakit jantung. Vegetarian cenderung lebih kecil berisiko mengidap penyakit jantung dan lainnya, seperti diabetes dan kanker perut.

6Kolesterol turun

Kolesterol turun. (BRIGHTSIDE)

Saat kamu berhenti makan daging, tingkat kolesterolmu akan turun sampai 30 persen. Efek ini sama dengan saat kamu mengonsumsi obat penurun kolesterol. 

7Gen baik bekerja lebih optimal

Gen baik bekerja lebih optimal. (BRIGHTSIDE)

Dalam tubuh, ada gen baik dan buruk yang bekerja. Saat gaya hidup enggak sehat, gen buruk akan bekerja lebih baik membentuk gejala penyakit. Sebaliknya, saat gaya hidupmu sehat, gen baik akan lebih optimal dalam menormalisasi kerja organ-organ tubuh. 

8Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi. (BRIGHTSIDE)

Menyetop konsumsi daging sama dengan menyetop asupan iodin, zat besi, vitamin D dan B12 ke dalam tubuh. Namun, asal kamu imbangi dengan makan banyak kacang-kacangan, buah, sayuran hijau, dan makanan gandum tubuh akan beradaptasi dengan baik. Kamu juga bisa minum suplemen dan vitamin tambahan untuk mengatasinya.

9Indra pengecap kurang berfungsi optimal

Indra pengecap kurang berfungsi optimal. (BRIGHTSIDE)

Zinc adalah salah satu elemen penting yang menunjang kemampuan kita mengecap rasa dan zinc banyak terkandung dalam daging. Saat berhenti makan daging, kamu harus lebih banyak mengasup bahan makanan yang kaya zinc seperti kacang-kacangan, produk gandum, dan susu. 

10Otot lebih lama pulih

Otot lebih lama pulih. (BRIGHTSIDE)

Protein dalam daging punya peran penting dalam memperbaiki jaringan otot yang rusak dalam tubuh. Namun, protein nabati biasanya butuh waktu lebih lama untuk melakukan tugas ini. Makanya vegetarian disarankan untuk mengonsumsi protein tambahan setiap habis berolahraga, agar mudah terserap dan bekerja langsung dalam tubuh.

 

BRIGHTSIDE| INDEPENDENT

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments