hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

23 Oktober 2017, 14:00 WIB

INDONESIA

Pasti kamu pernah memasak makanan dengan jumlah yang cukup banyak sehingga tidak habis dalam sekali konsumsi. Akhirnya, kamu memutuskan untuk menyimpannya dengan tujuan akan memakannya kembali. Nah, sebelum kembali dimakan, biasanya kamu memanaskan lagi makanan tersebut, iya kan?

Ternyata oh ternyata, kebiasaan memanaskan ulang makanan itu tidak baik, loh! Tidak peduli seberapa enak dan sehatnya makanan yang kamu siapkan, bisa kehilangan manfaat kesehatan bahkan menyebabkan keracunan makanan jika dipanaskan kembali. Bright Side melansir beberapa bahan makanan yang sebaiknya tiidak dipanaskan berulang.

 

 

1.Seledri

SELEDRI. (BRIGHT SIDE)

Seledri memang jadi salah satu bahan pelengkap sup biar lebih enak. Tapi ternyata seledri ini tidak bisa dipanaskan kembali, loh! Soalnya seledri mengandung nitrat yang berubah menjadi racun nitrit dan nitrosamin karsinogenik setelah dipanaskan kembali.

Kamu bisa menggunakan seledri untuk campuran sup krim karena rasanya akan tetap enak meski sudah dingin.

2.Telur

Telur juga enggak baik kalau dipanaskan. (BRIGHT SIDE)

Telur memang makanan yang jarang dipanaskan kembali. Ternyata memang sebaiknya telur tidak dipanaskan ulang karena akan berubah menjadi racun. Kamu bisa menambahkan telur sebagai isian roti lapis atau salad kamu. Jadi, kamu tidak perlu memanaskannya lagi atau membuangnya.

3.Bayam

Bayam juga bahaya loh kalau dipanaskan berulang. (BRIGHT SIDE)

Banyak orang yang menjalankan diet sehat menyukai bayam karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Tapi, sama dengan seledri, bayam punya banyak nitrat yang berubah menjadi nitrit dan nitrosamin setelah dipanaskan.

Kamu bisa menambahkan bayan dalam smoothies, roti lapis, atau telur dan mendapatkan manfaat maksimal tanpa khawatir menimbulkan bahaya.

4.Jamur

Jamur. (BRIGHT SIDE)

Memasak jamur memang tidak mudah. Selain kandungan protein, vitamin, dan asam amino. jamur tidak mudah untuk dicerna. Jika kamu memasak sisa makanan berbahan jamur malah dapat menambah efek buruknya. Kandungan protein dalam jamur dapat berubah dan menyebabkan sakit perut dan perut kembung.

Jika kamu tidak mau membuang sisa makanan berbahan jamur, kamu  dapat menyimpannya dalam kulkas dan konsumsi esok harinya setelah dipanaskan dengan suhu enggak lebih dari 70 derajat celcius. Cara terbaik untuk memanfaatkan sisa jamur adalah membuatnya menjadi saus pasta jamur atau menambahkannya ke salad.

5.Kentang

Jangan lagi-lagi memanaskan kentang, ya. (BRIGHT SIDE)

Ternyata kentang masuk ke daftar makanan yang enggak boleh dipanaskan kembali. Solanya memanaskan ulang kentang akan menghilangkan rasa dan manfaat kesehatannya. Bahkan dapat menjadi penyebab botulisme jika disimpan dalam aluminium foil di suhu ruangan.

Lebih baik konsumsi kentang tumbuk atau kentang goreng secepatnya. Jika punya kentang rebus sisa, sebaiknya jadikan tambahan dalam salad kamu.

6.Ayam

Ayam juga ternyata enggak boleh dipanaskan. (BRIGHT SIDE)

Memanaskan kembali makanan berbahan ayam akan membuat kandungan proteinnya berubah, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Kamu dapat menggunaan sisa ayam untuk isian salad atau roti lapis.

7.Nasi

Nasi lebih baik tidak dipanaskan berulang. 

Nasi kaya akan vitamin, mineral, dan asma amino, tapi nasi ternyata mengandung spora bakteri yang masih bertahan bahkan setelah dimasak. Jika nasi didiamkan dalam suhu ruangan setelah matang, jumlah bakterinya akan meningkat, dan hal ini dapat menyebabkan keracunan makanan. Memanaskan kembali nasi tidak akan menyelesaikan masalah. Jadi lebih baik mengonsumsi nasi secepatnya atau menyimpannya dalam kulkas satu jam setelah matang dan simpan sampai keesokan hari.

BRIGHT SIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments