hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

20 Oktober 2017, 10:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Siapa sih yang enggak kenal Barbie? Boneka yang dekat dengan anak-anak perempuan ini menjadi idola berbagai generasi sejak lebih dari 50 tahun lalu.

Dengan nama asli Barbara Millicent Roberts, Barbie digambarkan sebagai gadis cantik asal kota fiksional di Willows Wisconsin. Barbie ditampilkan dengan berbagai gaya fashion serta karir, mulai dari dokter hingga guru. Kini, Barbie bahkan berprofesi sebagai Youtuber dengan jutaan viewers di Youtube.

Mengikuti perkembangan zaman, karakter boneka fenomenal ini sekarang telah memiliki banyak produk. Mulai dari game, film, dan yang lainnya. Tapi, ada beberapa fakta mengenai Barbie yang mungkin belum banyak orang tau.

 

1. Terinspirasi dari boneka kertas.

Mungkin sewaktu kecil kamu pernah bermain dengan karakter boneka yang memiliki berbagai jenis pakaian yang terbuat dari kertas. Nah, pencipta Barbie, Ruth Handler terinspirasi saat melihat anak perempuannya lebih tertarik bermain dengan boneka kertas dibandingkan boneka bayi yang dulu sempat populer.

Barbie. (THE LIST)

 

2. Awalnya tidak untuk anak-anak.

Selain boneka kertas, Barbie juga terinspirasi dari boneka bernama Lili. Boneka ini berasal dari Jerman dan biasa digunakan sebagai hadiah di pesta lajang para pria yang terinspirasi dari komik dewasa.

Barbie. (THE LIST)

 

3. Figurnya dianggap terlalu dewasa dan tidak realistis.

Sejak awal kemunculannya, Barbie ternyata sudah mendapat penolakan. Terutama dari para orang tua yang menganggap penampilan Barbie terlalu dewasa untuk dimainkan anak-anak. Barbie juga dianggap memiliki bentuk tubuh yang tidak realistis dan terlalu kurus. 

Peneliti asal Finlandia mengatakan jika Barbie adalah wanita sungguhan, dia tidak akan menstruasi karena jumlah lemak tubuhnya tidak cukup sehat. Sebuah studi dalam jurnal yang dikeluarkan Paediatrics & Child Health juga mengatakan boneka Barbie terbukti menurunkan rasa percaya diri pada anak-anak yang memainkannya.

Barbie. (THE LIST)

 

4. Pernah putus dengan Ken.

Barbie dan Ken memang menjadi pasangan serasi. Cantik dan tampan, keduanya sudah dipasangkan sejak awal kemunculannya. 

Ternyata pasangan fiksional ini pernah putus pada 2004 dan kembali bersama pada 14 Februari 2011. Barbie bahkan sempat mengumumkan kabar bahagia tersebut di akun Facebook miliknya. 

Barbie. (THE LIST)

 

5. Punya restoran dan media konvensi.

Karena memiliki banyak fans, Mattel Inc., perusahaan boneka asal Amerika Serikat yang mempopulerkan Barbie membuat berbagai produk dan jasa. Seperti restoran bertema Barbie di Taiwan. 

Selain itu, para penggemar juga dapat saling terkoneksi dalam barbieconvention.com yang seringkali mengadakan pertemuan. Di ajang ini, fans dapat bertemu dengan berbagai seri dan versi boneka Barbie dari berbagai belahan dunia.

Restoran Barbie di Taiwan. (THE LIST)

THE LIST | BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments