hero
(MOTIVEWEIGHT) (TRUWEIGHT)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

18 Oktober 2017, 07:50 WIB

INDONESIA

Bentuk tubuh ideal memang tidak akan didapat semudah menjentikkan jari, namun bukan berarti kamu harus menyiksa diri juga. Diet ekstrem atau olahraga di gym berjam-jam setiap hari tidak selalu menjamin berat badan turun dengan sehat lho. Dilansir dari Brightside, berikut ini 10 cara supaya kamu tetap bisa menjaga bentuk tubuh secara mudah dan santai.

1Jangan terlalu lama di tempat gym

(BRIGHTSIDE)

Terbukti, orang yang sering berlama-lama olahraga di tempat gym ternyata membakar kalori yang sama saja dengan orang yang gerak tubuhnya aktif dalam kegiatan sehari-hari. 

2Olahraga itu kebiasaan, bukan hukuman

(BRIGHTSIDE)

Sering kali kamu olahraga hanya karena merasa bersalah sudah makan melampaui batas kan? Ubah pola pikir tersebut dan berolahragalah secara teratur setiap hari. Pilih olahraga yang kamu suka dan nikmati, baik itu lari, renang, hiking, atau ikut kelas menari yang seru, semuanya sama-sama membakar kalori kok. 

3Rutin timbang berat badan

(BRIGHTSIDE)

Mengetahui posisi berat badanmu dari waktu ke waktu membuat kamu lebih bersemangat untuk menjaganya. Selain itu, kamu juga cenderung akan berpikir dua kali saat dihadapkan dengan camilan atau makanan yang menggoda. 

4Makanan mengandung probiotik

(BRIGHTSIDE)

Saat memilih produk susu di supermarket, perhatikan deh kandungan yang tercantum di situ. Konsumsilah produk susu yang mengandung Lactobacillus rhamnosus, sejenis probiotik yang dapat membantu menurunkan berat badanmu. 

5Konsumsi kacang-kacangan

(BRIGHTSIDE)

Asupan kacang polong, kacang lentil, dan kacang-kacangan lain bisa membantu kamu menurunkan berat badan berlebih dan menjaga berat badan normalmu. 

6Jangan hindari protein

(BRIGHTSIDE)

Protein membuat kamu bisa lebih aktif bergerak, yang berarti kamu akan semakin fit dan berat badanmu semakin cepat turun. Tubuh membutuhkan protein, lemak, dan karbohidrat untuk berfungsi secara normal, usahakan untuk tidak menghilangkan salah satunya dalam pola dietmu. 

7Makan di piring yang lebih kecil

(BRIGHTSIDE)

Trik ini bisa membantumu mengurangi porsi makan dan asupan kalori secara bertahap. Piring yang kecil memberi kesan ilusif kalau kamu sudah makan dengan porsi yang banyak, dan memenuhi piring.

8Pilih taplak meja makan atau piring warna terang

(BRIGHTSIDE)

Warna yang kontras dengan makanan akan menciptakan ilusi di mana kamu melihat ukuran piring menjadi lebih besar dan porsi makanan jadi lebih besar. Sehingga, dengan porsi normal kamu akan merasa lebih cepat kenyang, atau bahkan bisa mengurangi porsi kalorimu lagi. 

9Jaga asupan kalori

(BRIGHTSIDE)

Kamu bisa pakai aplikasi di smartphone untuk mencatat asupan kalorimu hari demi hari. Ini bakal sangat membantu kamu memantau penurunan berat badan dan mengontrol porsi makanmu sehari-hari. 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments