hero
(YOUTUBE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

17 Oktober 2017, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Makanan dan minuman sehat enggak selamanya enggak enak, setidaknya begitu untuk yang satu ini. Salah satunya adalah madu yang memiliki rasa manis. Kelezatannya dapat dinikmati, baik dimakan begitu saja maupun dicampur dengan teh, buah-buahan, atau roti gandum. Yang pasti, kamu harus tau manfaat mengonsumsi madu seperti dilansir dari Brightside berikut ini.

 

 

1Kulit lebih bersih

Manfaat madu bisa membuat kulit lebih bersih. (BRIGHTSIDE)

Madu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan juga punya sifat antibakteri. Madu akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan kualitas kulitmu.

2Mengurangi berat badan berlebih

Konsumsi madu bisa membantu mengurangi berat badan berlebih. (BRIGHTSIDE)

slah satu kunci diet adalah menjauhi makanan dan minuman apapun yang megandung gula. Namun, tidak dengan madu. Rasa manis dalam madu berasal dari komposisi yang berbeda dari gula pada umumnya. Madu bisa membantu proses metabolisme tubuh sehingga cukup ampuh membantumu menurunkan berat badan.

3Menurunkan tingkat kolesterol

Manfaat madu bisa menurunkan tingkat kolesterol. (BRIGHTSIDE)

Madu tidak mengandung kolesterol, sebaliknya komponen dan vitamin dalam madu berperan menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Antioksidan dalam madu akan bekerja optimal melawan kolesterol jika madu dikonsumsi rutin setiap hari.

4Jantung lebih sehat

Konsumsi madu bisa mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. (BRIGHTSIDE)

Antioksidan dalam madu ternyata juga sangat bagus untuk mencegah penyempitan pembuluh darah, yang bisa berujung pada serangan jantung. Rutin meminum segelas air dengan beberapa sendok madu setiap hari sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

5Ingatan lebih tajam

Kandungan kalsium di dalam madu dapat meningkatakan fungsi kerja otak. (BRIGHTSIDE)

Madu juga punya efek melawan rasa stres. Dan kandungan kalsium di dalamnya dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Dengan konsumsi madu setiap hari, ingatanmu juga akan menjadi lebih baik.

6Tidur lebih nyenyak

Manfaat madu bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak. (BRIGHTSIDE)

Komposisi gula di dalam madu dapat meningkatkan kadar insulin di dalam darah yang akan melepaskan hormon serotonin. Ya, serotonin kemudian akan berubah menjadi melatonin, hormon yang berperan menjaga kualitas tidur seseorang.

7Pencernaan lebih sehat

Madu dapat membantu pencernaan lebih sehat. (BRIGHTSIDE)

Madu memiliki efek antiseptik yang sangat bagus dan ampuh bila dikonsumsi saat perut masih kosong. Ritual ini terbukti mencegah berbagai penyakit pada pencernaan. Karena madu dapat menghancurkan bakteri, dan menyembuhkan luka kecil yang ada pada jalur pencernaan.

8Meredakan ketegangan syaraf

Konsumsi madu bisa membantu meredakan ketegangan syaraf. (BRIGHTSIDE)

Saat kamu merasa tegang dan stres, cobalah konsumsi madu dan kamu akan merasa lebih rileks dan tenang. Kandungan glukosa dalam madu dapat membantu kerja syaraf, dan mudah terserap dalam darah sehingga ampuh meredakan ketegangan tubuh dan pikiran.

9Madu dan Bawang Putih (Info Tambahan)

Campuran madu dan bawang putih dapat menjaga daya tahan tubuhmu sehari-hari. (BRIGHTSIDE)

Satu lagi dan mungkin ini terdengar aneh, namun jangan remehkan campuran madu dengan bawang putih. Masukkan potongan bawang putih ke dalam toples madumu dan biarkan selama beberapa hari. Konsumsilah satu sendok setiap pagi saat perut kosong dan daya tahan tubuhmu sehari-hari akan lebih terjaga.

 

BRIGHTSIDE| THE NATION NEWSPAPER| TIMES NOW

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments