Presiden Joko Widodo mengumumkan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 (RS Darurat Corona) di Pulau Galang, Kepulauan Riau sudah mulai bisa beroperasi Senin (6/4/2020) mendatang. 

"Maksimal Senin sudah bisa dioperasikan," ujar Jokowi melalui video conference dari Pulau Galang, Kepulauan Riau, Rabu, (1/4/2020).

Jokowi mengatakan, kendala cuaca menyebabkan terhambatnya distribusi material yang digunakan dalam pembangunan rumah sakit tersebut. Akibatnya, pengoperasian RS Corona ini agak molor dari waktu yang ditentukan. 

"Memang ada keterlambatan kemarin 3-4 hari karena ada transportasi untuk bahan material yang terkendala karena cuaca," ujar Jokowi.

Rumah sakit ini memiliki kapasitas tampung 1.000 tempat tidur dan terbagi menjadi 3 zona. Zona A adalah lokasi bangunan penunjang tempat mes yang dapat memuat 158 kamar tenaga kesehatan, fasilitas farmasi, laundry, dan fasilitas lainnya yang sudah selesai 100 persen.

Selanjutnya zona B atau bangunan inti terdiri dari ruang isolasi dengan 20 tempat tidur dan bangunan observasi dengan 340 tempat tidur. Di dalam zona itu juga dibangun laboratorium satelit, laboratorium farmasi, kamar jenazah, lapangan olahraga. Zona C adalah bangunan pengembangan yang dipergunakan untuk non-ICU sebanyak 30 tempat tidur, ICU, dan ruang observasi.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan, progres konstruksi fasilitas observasi, penampungan dan karantina untuk virus corona (Covid-19) di Pulau Galang, Kepulauan Riau saat ini sekitar 92 persen.

Proyek ini mulanya ditargetkan rampung pada 28 Maret 2020. Namun karena adanya sejumlah kendala, target waktu penyelesaian tempat ini bergeser jadi 5 April 2020.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments