Presiden Joko Widodo meninjau Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat yang digunakan sebagai lokasi penanganan pasien COVID-19. Dalam tinjauannya, Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Tohir dan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo.

Dalam kunjungannya, Jokowi tampak menggunakan masker serta sarung tangan, serta berkeliling meninjau sejumlah sarana prasarana mulai dari ruang alat inap, hingga alat kesehatan yang digunakan.

Dalam keterangannya, Wisma Atlet telah siap tampung 3000 pasien positif COVID-19. Meski begitu, Jokowi berharap, jumlah pasien positif tidak membludak dan penularan bisa segera ditekan.

"Sarana dan prasarana telah siap baik untuk ruang penanganan pasien, ventilator, APD sudah siap, sehingga kita harapkan nanti sore RS darurat Corona ini telah bisa dipakai," ujar Jokowi, Senin (23/3/2020).

Sebelum meninggalkan RS, Jokowi juga sempat memberikan arahan kepada Doni Monardo dan Erick Thohir. Tinjauan Jokowi ini sekaligus meresmikan beroperasinya rumah sakit darurat tersebut. 

Setelah diresmikan, empat tower di Wisma Atlet ini langsung bisa digunakan untuk menangani pasien Covid-19. Keempat tower yang disiapkan adalah Tower 1, Tower 3, Tower 6, dan Tower 7. 

"Tetapi saya berharap RS darurat Corona ini tidak harus digunakan. Artinya RS yang ada, yang kita siapkan jauh hari sebelumnya telah bisa menangani virus Corona ini," tambahnya.

Sejumlah upaya dalam menekan penularan virus COVID-19, memang telah disosialisasikan, mulai dari imbauan Sosial Distancing, hingga kebijakan Work From Home untuk meminimalisir kontak fisik di kerumunan yang beresiko menjadi media penularan COVID-19.

Jumlah pasien positif COVID terus bertambah, hingga Minggu (22/3/2020) sore, setidaknya 64 orang positif terjangkit virus Corona, hingga jumlah total menjadi 514 pasien positiv COVID-19.

ANAN SURYA | ANTARA FOTO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments