Bank Wakaf Mikro (BWM) Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Kautsar, di Sarilamak, Kabupaten Limapuluhkota, Sumatera Barat, berdiri pada 8 Mei 2018 dan merupakan pertama di provinsi itu yang dipilih oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), karena lokasi yang strategis dan ekonomi masyarakat di sekitar potensial untuk dikembangkan.
 
BWM PPM Al-Kautsar kini telah memiliki 415 nasabah tergabung dalam 23 Kelompok Usaha Masyarakat Pesantren Indonesia (Kumpi). Kumpi ini beranggotakan ibu rumah tangga yang berada di Kecamatan Harau dengan total pinjaman yang telah digulirkan mencapai Rp700 juta.
 
Mereka mendapatkan pinjaman modal usaha untuk menunjang ekonomi rumah tangga secara berkelompok dengan minimal anggota 15 orang dan maksimal 25 orang per kelompok.
 
Pinjaman itu diberikan tanpa jaminan serta tanpa bunga dan cukup dicicil sekali sepekan dengan jangka 40 kali pembayaran pada kegiatan halakah mingguan (halmi). Selain pencairan dan penyicilan pinjaman, pada halakah mingguan itu juga digelar tausiyah.
 
Sebelum digelar Halmi, mereka terlebih dahulu berikrar akan saling mengingatkan agar selalu berkata jujur, menepati janji, amanah dan disiplin, saling membantu mengatasi kesulitan sesama anggota. Tak hanya itu, dalam ikrar tersebut mereka juga berkomitmen bersama suami berusaha meningkatkan kesejahteraan keluarga.
 
Selanjutnya memanfaatkan dana Bank Wakaf Mikro untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan mengembalikan tepat waktu, serta mendidik dan menyekolahkan anak supaya menjadi cerdas, sholeh, berbakti kepada orang tua dan mengabdi kepada Allah.
 
Para ibu rumah tangga pun memanfaatkan dana pinjaman tersebut untuk usaha mereka, seperti berdagang, bertani dan beternak.
 
Foto dan Teks : Iggoy el Fitra (ANTARA FOTO)

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments