Kapal layar tiang tinggi sekaligus kapal latih yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), KRI Bima Suci-945 memulai pelayarannya kembali dalam Satuan Tugas (Satgas) Diplomasi Duta Bangsa dan mendukung Kartika Jala Krida (KJK) 2019.

Pelayaran Diplomasi Duta Bangsa 2019 ini dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk membangun Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Selain itu juga sebagai langkah nyata TNI AL dalam mewujudkan peran diplomasi maritim Indonesia kepada dunia.

Kapal layar tiang tinggi kelas Barque buatan galangan kapal Freire, Vigo, Spanyol tahun 2017 ini juga membawa 103 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III angkatan ke-66 yang akan dilatih antara lain navigasi astronomi, kebaharian, keperwirajagaan dan peraturan dinas dalam khas TNI AL serta mempraktikkan semua pelajaran profesi dasar matra laut.

Sejak tahun 2017 hingga kini, KRI Bima Suci telah mengunjungi berbagai negara seperti Spanyol, Italia, Mesir, Arab Saudi, Sri Lanka, China, Korea Selatan, Rusia, Jepang dan Filipina.

Pada pelayaran kali ini, kapal yang dikomandoi oleh Letkol Laut (P) Waluyo akan menempuh jarak sepanjang 13.775 mil laut.

"KRI Bima Suci akan menempuh waktu pelayaran selama 96 hari dan singgah di sembilan negara dengan rute pelayaran yaitu Surabaya - Manila (Fiilipina) - Osaka (Jepang) - Busan (Korea Selatan) - Shanghai (China) - Brunei Darussalam - Lumut (Malaysia) - Phuket (Thailand) - Yangoon (Myanmar) - Padang - Benoa (Bali) - Darwin (Australia) - Surabaya," ujar Letnan Kolonel Laut (P) Waluyo yang juga Komandan Satgas Diplomasi Duta Bangsa KRI Bima Suci tersebut.

Di setiap negara yang disinggahi KRI Bima Suci akan melaksanakan “open ship” sebagai misi diplomasi maritim dan misi Maritime Fulcrum Brotherhood.

Selain itu, KRI Bima Suci juga mempromosikan budaya, pariwisata Indonesia dan memperkenalkan TNI AL serta membangun jaringan antar calon perwira TNI AL dengan negara lain untuk menuju World Class Navy dan World Class Naval Academy.

Foto dan Teks: M Agung Rajasa (ANTARA FOTO)

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments